Buat Kamu yang masih belum yakin sama Jurusan Teknik Kimia POLBAN!!!

Oke. Disini kita ajangnya sharing pengalaman kenapa saya milih jurusan Teknik Kimia. Jurusan yang sangat terkenal di Brimob, DENSUS 88, apalagi kepolisian. Kenapa jurusan Teknik Kimia di identikan dengan Bom? Kenapa Teknik Kimia di cap negatif oleh banyak orang? Sebenernya dari jurusan mana aja, bisa juga jadi teroris (hehe becanda). Yang paling pasti yaitu, setiap manusia mempunyai kepribadian yang berbeda dan juga pemikiran yang berbeda pula. Oleh karena itu, kita harus menggarisbawahi bahwa setiap orang yang menekuni bidang keilmuwan dan ingin melakukan hal yang terbaik untuk dirinya, masyarakat, dan bangsa harus menyadari bahwa ilmu itu akan berkah jika diamalkan, tidak terkecuali Teknik Kimia. Baik kita langsung berbicara teknik kimia sesungguhnya. Jurusan ini sering disalahartikan oleh orang yang tidak tahu teknik kimia di dalamnya (mungkin termasuk anda), Saya tidak mau naïf karena memang saya orang yang tidak tahu Teknik Kimia dan boleh bisa dikatakan sedikit salah pilihan (INGAT:SEDIKT, hehe), kenapa? Karena yang saya inginkan masuk jurusan Teknik Kimia adalah ingin mengikuti LRPTN (Lomba Tancang Pabrik Tingkat Nasional). Bagi anak S1, lomba ini memang sering menjadi ajang kreativitas dan penambah wawasan tapi untuk mahasiswa seperti saya yang di jurusan D3 Teknik Kimia, ini memang penting tapi belum menjadi prioritas. Jadi, sekedar buka-bukaan saja kalau tujuan saya masuk ke Teknik Kimia adalah ingin ikut LRPTN. Jadi, ini memang kesalahan saya yang sedikit yang membuat terbuka lebar-lebar pikiran saya apa sih jurusan Teknik Kimia dan kenapa saya ditakdirkan di jurusan ini? Mungkin ini waib bagi kamu-kamu yang belum yakin masuk di jurusan teknik kimia dan memberikan sedikit wawasan bagi kamu-kamu yang sudah yakin di Teknik Kimia karena itu pilihan yang tepat menurut saya.

Kebanyakan orang menilai teknik kimia adalah mencampur-campurkan bahan saja. Memang materi itu sudah dipelajari bagi jurusan Teknik Kimia dan saya bisa berani katakan bahwa itu hal yang tidak asing bagi kami mahasiswa Teknik Kimia. Jadi jangan menyalahkan orang yang bicara dengan teknik kimia itu mencampur-campur bahan kimia. Disinilah-ditulisan ini- bisa menjadikan kamu lebih yakin di jurusan teknik kimia atau yang mau masuk jurusan teknik kimia dan memberikan pengalaman selama 1,5 tahun lebih yang saya dapat di Politeknik Negeri Bandung (POLBAN). Teknik Kimia adalah jurusan yang belajar proses pembuatan bahan baku menjadi barang jadi. Suatu kalimat yang tidak asing bagi kamu tetapi disinilah menariknya, kamu bisa mengerti untuk membuat suatu barang jadi itu apa sih bahan bakunya dan tentunya mempertimbangkan keekonomisan, efisiensi, kualitas, kondisi operasi dan banyak lagi. Yang paling menarik adalah kita bisa melakukan “optimalisasi” dalam hal proses, kita mengatur tekanan, temperature, atau yang lainnya. Pokoknya seperti maen game lah! Tapi jangan samakan nyantei kayak maen game, dunia kerja lebih berat daripada dunia game (Ya Iyalah!!)..

Terus apa sih yang di pelajari dan apa yang harus dipelajari

Untuk awalan yang masuk kuliah dan merasakan kuliah, khususnya di Politeknik Negeri Bandung (mungkin perguruan tinggi lain juga sama), ini jangan menjadi pikiran yang terlalu berlebihan. Tapi nyantei aja dulu karena yang dipelajari di awal-awal itu cuma Mata Kuliah Umum dulu, kayak Kimia Terapan, Fisika Terapan, Matematika Terapan, B.Indonesia, B.Inggris, pokoknya puas-puasin dulu di awal buat dapetin IP gede (kalo bisa 4,00), kalo saya itu gak bisa dapet 4 tapi Alhamdulillah dapet 3,67. Nah, baru masuk ke semester 2,3,4,dst Kamu bakalan dapet ilmu teknik kimia banget. Mulai dari Neraca Energi, Neraca Massa, Keselamatan Industri Proses, Penyediaan Energi, Perpindahan Panas, dll. Emang aneh nama-namanya tapi pokoknya dapet sense buat yakinin kita buat netep di Jurusan di Teknik Kimia.

Kita udah tahu buat materi kuliah, pengalaman saya, terus gimana prospek teknik kimia? Jangan bingung, Setiap Rezeki akan diatur oleh Allah SWT. Teruslah bekerja keras, berdo’a, dan bertawakal. Begitu juga di Teknik Kimia, Banyak sekali perusahaan asing yang berdatangan ke kampus kita tiap tahunnya buat wawancara kepada mahasiswa yang pengen Kerja Praktek atau pun Kerja secara professional. Seperti PAMA, Schlumberger, Conoco Philips, dan banyak juga perusahaan dalam negerinya. Jadi, Insyaallah banyak kesempatan jika kamu milih jurusan teknik kimia jadi bidang keahlian kamu.

APa masih belum kurang penjelasannya?

Pokoknya Ditunggu di jurusan Teknik Kimia Politeknik Negeri Bandung kawan!

“Cita-cita yang tinggi harus dibarengi tekad yang kuat dan kerja keras tanpa henti sebelum cita-cita itu bisa didapatkan dan disharingkan ke teman-teman kamu” Ferry Aldina

131 thoughts on “Buat Kamu yang masih belum yakin sama Jurusan Teknik Kimia POLBAN!!!

  1. kalau seleksi masuk nya materi nya apa aja kag??? terus sistim penilaian nya apakah harus nilai bidang study kimia nya harus tinggi jika kita pilih jurusan teknik kimia???

  2. Fer, adek yukke pengen masuk tekim polban…seleksinya naon wae c?
    minta no feri nya,,biar nti mun ka polban adek yukke bisa ngbrol sareng feri…

  3. masuk elektronika aja dek,,insya allah prospeknya lebih bagus,,wkwkwk
    sori fer numpang promosi,,hihihihi

  4. A feri.. pengen info Tekkim polban 2013.. bener bener minat ke tekkim.. pengen tau seleksinya apa aja.. di sekolah infonya kurang😦

    • sebenarnya sih sama aja tapi tergantung tujuan kamu nya. kalo pengen cepet kuliah S2 , ya ngambilnya tekim produksi bersih. tapi kalo pengen cepet kerja mah ngambil tekim aja. nanti jg bs lanjut via kuliah karyawan.

      kalo cewek sh, sy saranin tekim produksi bersih.

    • gni maksudnya kenapa bilang kalo cwek tuh saya saranin ke tekim produksi bersih karena kan rata2 cwek pengenx jd akademisi so karena tkpb (t.kimia produksi bersih) itu setara S1 jd tinggal ngelanjutin ke S2 deh, gak usah nunggu lama2 bwt masuk ke D3 terus lanjut ke S1 terus ke S2, ribet kan?

      tapi kalo tipe orang yg tujuanx jadi profesional, D3 bgus tuh bwt dapet cepet karir pengalaman kerjanya.. jadi udah lulus tinggal nyari kerja deh.. mau fokus di perusahan yg km dapet itu boleh so km bs ngambil S1 pas kerja dprusahaan itu, yupz istilahnya kuliah karyawan. lulusan polban tuh diperhitungkan lho dperusahaan.. (^_^)

      maaf nh panjang ngejelasin semoga faham.. so, tergantung orangnya. kamu pengennya jadi akademisi ato profesional??

  5. hmhm, akademisi masih kurang ngert. yg pengen berilmu gitu ? tapi tetep bs jdi profesional juga kan kalo akademisi ? trus kalo d3 cari kerja trus g di lanjutin s1 gmn ?

    ia ga papa panjang juga. yg ptg jelas. aku udh dpt pin nya ka. jalur pmdk, oh ya masing2 kuota siswa nya berapa ya ?

    • akademisi itu beda sama profesional. dua-duanya itu istilah dalam tujuan dunia perkuliahan. Jadi kalo org yg tujuanx akademisi itu merasa perlu untuk kuliah setinggi mungkin biar dapet ilmu yg dkuasainya, ex : org2 yg cita2x jadi dosen, peneliti, profesor, dll. kalo org yg tujuanx profesional itu fokusnya di dunia kerja misalkan di perusahaan tertentu tp dia punya targetan jadi manager, direktur, dll..

      ga ngelanjutin ke s1 dari d3? gpp sbenerx mah tp rata2 perusahaan punya standar biasax kalo mw jd manager harus s1.. jadi harus ngelanjutin jg, ya intix kuliah lg biar dapet jabatan tinggi. itu namanya profesional.

      kuota pmdk biasax disebutin kok di lembar undangan dr kampus. kalo zaman saya taun 2009 itu bwt pmdk 30 org (d3) dan 10 org (d4)..

      kamu sendiri pengen jadi dosen ato kerja di perusahaan?
      ngambil d3 cpet dapet kerja kalo tjuanx jadi profesional tp lumayan hrus sabar kalo mw jd manager cz hrus kuliah sambil kerja, apalagi pngen jd dosen mah lamaaa bgt cz hrus kuliah s2.
      ngambil d4 mah cepet ke s2 nya kalo mw jd dosen teruS jg cepet naek jbtanx kalo mw jd profesional Tapi resiko sabar menunggu kuliah 4 tahun.🙂

      bingung yaaa!?? f(^_^)

  6. Assalamu’alaikum..
    Kak, mau tanya apa bedanya Teknik Kimia Polban sama Teknik Kimia S1 di PTN negeri lainnya ?
    Makasih🙂

  7. Asslm kak Ferry. Alhamdulillah nih saya sudah keterima di D3 Analis Kimia, masih sejurusan kan sama Tekim? :p
    bedanya apa ya kak antara Ankim sama tekim? saya liat peminat tekim jauh lebih banyak dibanding ankim dan kuotanya jg jauh beda, maaf bukan mksud membedakan tp saya penasaran aja gitu kak–
    oh iya kalo analis kimia itu akreditasinya masih C nih😦 itu ngaruh gak sih kak buat nanti kerja? mohon penjelasannya secara rinci ya kakaakk, terima kasih kak Ferry😀

  8. assalamu’alaikum kang..
    saya mau nimbrung sekalian nanya nih kang, hehe
    kan saya baca di website nya polban, nah, anak yg dari prodi ipa di sma nya bisa milih 2 jurusan.. Nah kalau misalnya saya ngambil pilihan 1 D4 TKPB terus pilihan ke 2 nya D3 Tekkim, itu bisa ga kang? hehe

  9. kak kalo SMB itu seleksinya harus di polban? kalo rumah jauh gimana? hehe
    terus aku minat di tekkim pengin coba bidik misi tapi kalo gak di terima apa masih bisa daftar pmdk,? terus kalo pmdk gak diterima apa masih boleh lewat SMB??
    SMB itu tes pelajaran apa aja ya ka?
    hehe maaf kak banyak nanya🙂

  10. assalamu’alaikum kang..
    maaf ikut nimbrung nih hehe..
    saya mau tanya kang, kan saya minat ke tekkim polban, nah saya lihat di website polban, siswa yg dari jurusan ipa boleh memilih 2 jurusan gitu kan kang.. Nah, saya mau tanya kalau misalkan saya ngambil pilihan 1 TKPB trs pilihan ke – 2 nya Tekkim itu bisa ga kamg? hehe. Makasih kang:)

  11. kak kalo bidik misi sama smb itu biasanya bulan bulan kapan ya?
    jauh kak kalo nginep di polban🙂, saya dari cilacap jawatengah.
    hehe

  12. kak mau tanya, kalau persaingan masuk teknik kimia Polban ketat bgt/ketat/biasa aja? Terus mahasiswa yg diterima lewat jalur PMDK sama SMB berapa orang? Makasih

  13. iya ka, mau coba lwt PMDK dulu. kalau ujian SMB ke tekim, mapel yg di ujikan apa aja ka? tingkat kesulitan soalnya sama kaya SBMPTN?

  14. […] Nah, kenapa sebenarnya harus milih Teknik Kimia. Berdasarkan sudut pandang saya tentang cewek kalo masuk Teknik Kimia itu prospek kerjanya itu bisa jadi Process Engineer, Laboratory Technician, atau bahkan jadi dosen. Katanya sih cewek itu ulet-ulet dibanding cowok (semoga) hehe. Kalo buat cowok mah bebas bro kalian MERDEKA!!! Jadi apa aja boleh!! Alhamdulillah kalo saya sih kan dari Teknik Kimia Politeknik Negeri Bandung, kerjanya dulu di control room (process control) terus sekarang jadi Laboratory Technician. Intinya sih kalo Teknik Kimia mah kemana aja bisa. Ke Laut juga bisa. Hehe Kalo mengenai Jurusan Teknik Kimia saya sarankan baca tulisan saya juga yang ini nih.. (https://blogaldina.wordpress.com/2010/12/29/buat-kamu-yang-masih-belum-yakin-sama-jurusan-teknik-kimi&#8230😉 […]

  15. kak mau tanya.. Kalo misalkan udah daftar SNMPTN bidikmisi terus mau ikut PMDK Polban yang bidikmisi (BM) juga apa masih bisa? Mohon dijawab ya kak, terimakasih..

    • Biasanya itu kebijakan sekolahnya mia. kalo cuma satu berkas PMDK yang diizinkan, ya mungkin gak bisa tapi kalo sekolahnya mengijinkan ya boleh dicoba. Tapi sarran saya sih coba liat jadwal pengumuman SNMPTN Bidik Misi dan jadwal penutupan PMDK POLBAN. Pasti faham kan maksudnya? kalo misalkan duluan ditutup PMDK dan gak bisa daftar dua kali ya mendingan ikutan SMB POLBAN (tes tulis).. Semangat!!!

  16. Aku sma ips, pengen kuliah teknik kimia. Kira” diterima ga yh? Aku jatuh cinta sama pelajaran kimia wkt kls 1 sma, berhubung aku ga suka dan ga ngerti pelajaran fisika, maka aku pilih program ipS. Tp aku masih seneng mempelajari kimia.

  17. ka mw tanya ,vira td minat ke tekim tp pas ad yg sosialisasi kesekolah jd minat ke konversi energi,apa cewek cocok ngambil dijurusan ini?

    • Cari tahu dlu ke yang sosialisasi untuk cewek bagus gak gtuh.. Kalo menurut saya sih tekim aja.. Lebih banyak ceweknya n buat kerja jg bnyak buat cewek dr tekim drpd konversi energi. Tp terserah hati vira pengenx yg mana cz itu pilihan buat 3-4 tahun kedepan.

  18. assalamualaikum.. kang feri tahun ini aku ikutan pmdk polban, terus milih prodi teknik kimia produksi bersih, kalau peminat tahun tahun kemarin banyakan teknik kimia apa teknik kimia produksi bersih kang? terima kasih akang^^

    • gak terlalu beda cuma orientasinya aja sih. tapi kalo tekim produksi bersih mah lebih ke efisiensi produksi kalo gak salah ya. terus lebih mendalami peluang produksi bersih, bingung ya? hehe jadi sebenarnya “produksi bersih” itu istilah dalam teknik kimia dalam mengelola efisiensi proses, ekonomi, pemilihan alat secara ekonomis, dll. Nah kalo di tekim itu sendiri tidak terlalu mendalami seperti di tekim porduksi bersih, gtu dek.. hehe

  19. Assalamualaikum ka, aku mau nanya ,dijawab ya please:(
    Aku tuh udah pengen banget masuk tekim polban,dan pengen banget jalur pmdk. Tp dua temen kelas aku ada yg nilainya lebih tinggi dr aku ikut pmdk polban tekim juga.apa aku masih punya kesempatan ga ka buat masuk jalur pmdk?:'(

  20. Ka tahun bsok aku mau ikut pmdk polban rencana nya, tapi aku masih bingung milih tekkim atau energi, menurut kaka gimana nih? Mksh

    • kalau menurut saya mendingan tekim aja. kebanyakan ceweknya juga dan kalau energi itu kebanyakan cowok.katanya tekim itu jurusan yang paling baik dosen-dosennya lho. hehe katanya. saya juga gak tau. beban akademiknya gak terlalu berat dibanding yang lain. so, coba dulu aja tekim.

    • kalau analis kimia itu lebih ke laboratorium meskipun nanti itu teknik kimia juga mencakup laboratorium juga. saran saya mendingan teknik kimia aja lebih menyeluruh. passing grade saya gak tahu dek kalau sekarang mah. maklum lah angkot (angkatan kota ‘gak mau dibilang kolot’)😀

  21. kalau angkatan kakak di tekkim polban untuk kuota SBMPTN berapa ya? dan untuk SNMPTN berapa?. soal2 yang diteskan untuk SBMPTN tekkim apa berdasar sama kimia fisika mtk dasar atau pelajaran menyeluruh? terimakasih

  22. kak dulu aku kuliah Di tekim polban, Dan aku ga puas, Jadi sekarang aku kuliah lagi, menurut kakak gimana ?

    dulu aku seeing banget nyari takjil Di Attaufik wkwk

  23. kak mau tanya, bedanya d3 tekkim sama d4 tkpb apa aja ya? trus prospek kerja dari mereka berdua juga apa aja ya ka?

    • Kalo prospek kerja sbenernya sm aja cuman kalo d4 kan setara S1 jadi karirnya lebih cepet tp kuliahnya lebih lama setahun. Kalo d3 kan kuliahnya cepet trus bisa langsung kerja. Intinya masing2 punya kelebihannya dek. Nanti juga ngikutin kalo masalah kerja mah. Semangaatt.

  24. Assalamualaikum, Kang Fery. saya mau nanya, di deket POLBAN ada PonPes ga Kang? saya soalnya mau kuliah di Polban, tapi bingung mau Kost dimana, ywdh saya sekalian Ngobong weh…wkwkwk. Minta info dan sarannya ya Kang.

  25. Kang saya jadi yakin masuk tekim polban , dan udah daftar jalur pmdk juga ikut bidikmisi doain kang biar bisa keterima😀
    Amiiinn

  26. Wah baca baca ini jadi makin yakin nih🙂
    Awalnya sempet bingung mau ambil Teknik Kimia, Kelistrikan atau banting stir ke jurusan IPS yaitu Akuntansi, hehe. Tapi, sekarang InsyaAllah yakin deh ngambil TekKim🙂
    Doain yah kang, Aku tahun sekarang lulus SMA dan mau ngelanjutin, udah daftar kesana kemari dan salah satunya ke Polban ini. Aamiin {}
    Terima kasih informasinya🙂

  27. Wah baca baca ini jadi makin yakin nih🙂
    Awalnya sempet bingung mau ambil Teknik Kimia, Kelistrikan atau banting stir aja ke jurusan IPS yaitu Akuntansi, hehe. Tapi, sekarang InsyaAllah yakin deh ngambil TekKim🙂
    Doain yah kang, Aku tahun sekarang lulus SMA dan mau ngelanjutin, udah daftar kesana kemari dan salah satunya ke Polban ini. Aamiin {}
    Terima kasih informasinya🙂

  28. kak, saya mau tanya, tapi maaf ini melenceng dikit dari topik. jadi di persyaratan pengiriman berkas pmdk polban kan ada surat kesanggupan membayar UKT, nah itu bisa di download dimana ya?
    kalo ada teman2 lain yang tau mohon dibales yaa🙂 terimakasih

  29. kakak, prospek jurusan TEKIM unt lulusan cewek itu susah yah?? apakah cewek nanti agak susah bwt kerja di Pabrik?? apakah mayoritas cewek nantinya hanya jadi Analis? saya jurusan tekim dan dosen saya mengatakan kalo unt cewek memang agak susah juga, dan pada akhirnya kalo mau jadi pengajar atau dosen gituh?? Menurut kaka gimana? #Sorry kalo terlalu banyak nanya😀

    • Kerja di pabrik itu kebanyakan untuk laki2 tapi bukan berarti cewek itu gak ada lho. Tiap pabrik sesuai porsinya dong, mau nanti adek kerja fisik kayak laki2? enggak kan.
      Temen saya yang cewek aja banyak kerja di pabrik, duduk depan komputer, control sistem, intinya kerjanya tidak memberatkan.
      Ubah mindset dan fokus aja gak usah dengerin siapapun yang melemahkan semangat belajar. So, siapkan aja ilmunya dari sekarang biar jadi orang berkualitas.
      Logikanya masa ada perusahaan yang gak mau merekrut orang yang berkualitas ?

      • kak mau nanya dong,apakah bener t.kimia itu pelajaran yg lebih ditekaninnya mtk sama fisika?aku pengen banget tapi aku kurang di pelajaran mtk sama fisika,gimana kak?

      • kak mau nanya lagi hehe, kak kalau tkpb yg lebih ditekaninnya pelajaran apa?atau sama aja kaya tk?

      • Intinya sih sama aja pas tingkat satu sampe tingkat tiga. Tapi pas tingkat akhir, tkpb lebih ke penelitian n efesiensi produksi. Pasti bingung ya? Hehe Sederhananya mah tkpb tingkat akhir ato tingkat empatnya ditekankan ke penelitian. Jadinya ngambil apa?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s