Buat Kamu Yang Bingung Ngambil Jurusan Kuliah

tips.jpg

Oleh : Ferry Aldina

Hari ini saya akan coba bahas tentang jurusan kuliah. Lulus UN, mau kemana? Yang pasti harus kuliah lah. Tapi jurusannya? Belum tahu. Gak usah khawatir, dulu juga saya bingung nentuin kuliah mau kemana. Galau, pastinya. Tapi mudah – mudahan anak SMA sekarang lebih modern daripada zaman saya dulu. Dulu mah ngandelin warnet sama modul BP dari sekolah, sekarang zamannya digital. Semuanya lebih luas buat nyari tahu jurusan kuliah yang dipengenin.

So, gak perlu panjang lebar saya sedikit berbagi tips buat kamu yang masih bingung ngambil jurusan kuliah.

  1. Yakinin dulu kalo kamu tuh harus kuliah. Pokokna mah kudu kuliah. Gimanapun caranya. Saya dulu gak nyangka bisa kuliah, dulu belum ada beasiswa bidik misi jadi nyari beasiswanya ke kampus yang nyediain beasiswa. Apalagi sekarang ada beasiswa bidik misi. Maknyoss lah. Dengan kuliah kamu do everything you want, nyesel dah kalo gak kuliah mah. Persaingan sekarang lebih sadis guys, persaingan tingkat global. Pokoknya keywordnya YAKIN.
  2. Ambil sebanyak – banyak info tentang kampus ato tentang jurusan. Owh ya, target kamu nyari jurusan ato nyari kampus? Maksudnya gini, bulletin dulu niatnya kamu pengen ngambil jurusan ato nyari kampus terbaik? Gak ada salahnya sih. UI UGM ITB ITS termasuk kampus terbaik. Kamu harus cari info sebanyak – banyaknya tentang kampus itu. Apapun jurusannya, yang penting kamu harus kuliah di kampus itu.

Nah itu tipe pertama, tipe kedua itu orang yang nyari jurusan. Kalo dulu saya jujur bingung banget milih jurusan. Potensi saya gak tau dimana, raport nilainya rata – rata semua.  Dulu itu POLBAN (Politeknik Negeri Bandung) nyediain beasiswa ekonomi lemah, jadi saya fokus ke POLBAN terus nyari jurusannya deh. Dikarenakan jurusan lain gak ngerti belajar apa, so saya milih jurusan teknik kimia polban dengan berbagai perimbangannya. Alhamdulillah saya gak nyesel. Ini ada sedikit info tentang teknik kimia polban https://blogaldina.wordpress.com/2010/12/29/buat-kamu-yang-masih-belum-yakin-sama-jurusan-teknik-kimia-polban/. Buat kamu yang fokus nyari jurusan, yang penting kamu menikmati itu dari segi mata kuliahnya, prospek kerjanya, atau kesempatan lanjut kuliah jenjang berikutnya.

  1. Deketin kakak kelas. Pastinya kakak kelasmu kan suka promosi kuliah di kampusnya. Ada yang berhasil sesuai dengan keinginannya tapi gak sedikit yang salah jurusan atau salah strategi. Nah, itu dia kamu harus ambil kesempatan itu. Tanya – tanya deh sama kakak kelas, minta nomor hapenya, pin bb whatsapp. Pokoknya kamu harus minta nasehat dari mereka. Karena yang paling enak dijadiin tempat curhat ya kakak kelas, soalnya dia tau kondisi sekolahmu terus dia juga bisa ngasih saran buat kamu.
  2. Saran orang tua. Diskusiin juga sama orang tua juga pastinya. Kalo kamu pengen ngikutin kata hatimu, kamu juga harus yakinin orang tua kalo kamu bisa ngejalaninnya nanti. Toh, yang ngejalanin kuliahmu kan dirimu sendiri. Keep talking with your parent.
  3. Pray for the best. Selalu berdoa semoga diberikan yang terbaik. Usaha aja gak cukup yang penting selalu berdoa. Bisa dilakuin dengan menambah amalan ibadahnya, sholat tahajud, sholat dhuha, puasa. Bukannya kita disuruh berdoa biar doa kita dikabulin? Doa ketika orang yang puasa tahajud itu kan diijabah langsung sama Allah. So, selalu berdoa kawan – kawan.

Semoga bermanfaat tips dari saya ya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s