Pesona Purwakarta di Tanah Sunda

purwakarta

Program visit Indonesia sejak zaman SBY selalu digalakkan supaya menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia. Terlebih lagi dunia memandang Indonesia sebagai salah satu destinasi berbahaya. Ancaman bom teroris dan propaganda asing menjadi penyebab utamanya. Sehingga, tidak heran program “Visit Indonesia Year” menjadi solusi untuk mencegah kekhawatiran wisatawan -terutama luar negeri- untuk berwisata ke Indonesia.

Namun, setelah masuk era Jokowi. Program tersebut tidak terdengar lagi gaungnya. Mungkin bisa jadi turis-turis asing sudah mengganggap Indonesai “aman” untuk dikunjungi. Free visa yang sudah lebih dari 160 negara pada tahun 2015 dan bertambah di tahun 2016. Target wisatawan lokal dan asing yang sudah melampaui target menunjukkan bukti Indonesia menjadi destinasi pilihan orang dari berbagai belahan dunia.

Kali ini, saya akan membahas wisata yang sangat menarik di Tataran Bumi Sunda. Tepatnya di Kabupaten Purwakarta. Sebagai bagian bagi dari Jawa Barat yang beraneka ragam objek wisata, Purwakarta menghadirkan pesona keindahan dan kesejukan di Giri Tirta Kahuripan.

Giri Tirta Kahuripan merupakan resort pilihan yang berada di Jl. Raya Wanayasa, Desa Taringgul Tonggoh RT 13 / RW 04 Wanayasa, Kec. Purwakarta. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah menjadi daya tarik tersendiri untuk tempat wisata keluarga tersebut. Destinasi yang cukup terkenal di Purwakarta ini terletak di Desa Wanayasa. Plang petunjuk jalan sudah terpampang di sepanjang jalan menuju lokasi. Sehingga memudahkan para wisatawan yang baru pertama kali menginginkan berlibur ke tempat tersebut.

IMG20160817125616

kolam renang Giri Tirta Kahuripan Purwakarta (dok.ferry)

Jalan yang sudah baik dan beraspal mendukung kemudahan akses menuju tempat wisata yang menyajikan beberapa wahana. Tempat bermain futsal, berkeliling dengan mobil unik, dan yang pasti adalah kolam renang utama Giri Tirta Kahuripan.

Pengalaman saya ketika pertama kali datang ke lokasi adalah disambut dengan udara pegunungan yang sangat sejuk. Pemandangan Kabupaten Purwakarta yang terlihat jauh dan menjadi view yang menarik sebagai objek foto. Lapangan parkir motor dan mobil yang luas memungkinkan untuk menampung banyak wistawan. Penjagaan parkir yang aman juga menunjang kepuasan wisatawan ketika berwisata.

Harga tiket masuk adalah sebesar Rp 25.000,-/orang  yang kemudian bisa dilanjutkan dengan berkeliling melihat pemandangan atau langsung masuk ke kolam renang. Tiket untuk masuk ke kolam renang dikenakan Rp 60.000,-/orang. Harga yang sebanding dengan pesona keindahan yang ditawarkan.

Sebelum berenang, saya tidak akan melewatkan berfoto ria. Background kolam yang cantik dan keren menjadikan hasil jepretan kamera semakin bagus. Camera phone yang canggih didukung dengan objek yang keren sangat memuaskan pengguna dan penggiat medsos.

IMG20160817125708

foto sebelum renang (dok.ferry)

Kemudian, tempat ganti dan toiletnya juga bersih. Kolam renang yang luas menjadikan tempat ini tidak terlalu kelihatan ramai. Sehingga, bisa dinikmati semua orang tanpa harus berdesak-desakan. Beginilah suasana di kolam renang. Ajib bukan?

Saya tidak berlama-lama di kolam renang karena harus berangkat ke kota Bekasi. Sebagai warga luar Purwakarta, saya sangat merekomendasikan Giri Tirta Kahuripan sebagai salah satu destinasi yang wajib dikunjungi di tanah sunda, Jawa Barat. Pemandangan indah, udara sejuk, ramah tamah warga, dan kepuasan wisatawan menjadikan Kabupaten Purwakarta memiliki pesona indah di mata wisatawan seperti saya.

Selamat menikmati wisata tanah sunda. Purwakarta Istimewa!

Selamat untuk Kang Dedi.

Visit Purwakarta!

Visit Jabar!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s