PESAN CINTA DARI SENIOR

love

Bismillahirrahmanirrahim. Tiada kata pembuka yang paling bagus selain dengan mengucapkan nama Allah di setiap aktivitas. Semoga menjadi amal ibadah kelak, bagi semua yang melaksanakan aktivitasnya dengan menyebut nama Dzat yang paling agung.

Tepat malam ini, menjelang dua hari menyambut bulan suci Ramadhan. Bulan yang dinanti para umat muslim. Bulan yang dirindukan oleh para pecinta malam Lailatul Qadar. Bulan yang menjadi penyemangat dalam amal yaumi kita. Saya akan mencoba menuliskan pesan cinta untuk adik – adik KAMMI POLBAN yang akan menyelenggarakan GEBYAR RAMADHAN 2016.


Sebagai alumni Teknik Kimia, saya sangat berterima kasih sebesar – besar kepada senior saya Rusda Urfandez yang telah memperkenalkan organisasi dakwah islam kepada kami para junior di Teknik Kimia. Barakallahulaka wa Baraka ‘alaikuma wa jama’a bainakuma bi khair untuk Kang Rusda dan Kang Angga Safar yang sudah menggenapkan setengah agamanya. Semoga menjadi bahtera yang siap membawa keluarga menuju Jannatul Firdaus.

Tidak lupa kepada seluruh senior – senior yang memperkenalkan lebih dalam tentang KAMMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim) Sekti Kunthi Wulandari, Rani Ratnasari, Rizki Amelia, Kang Ikhlas, Kang Fa’i, Kang Rachmat, Kang Wilman, dan semua senior yang tidak bisa disebutkan yang telah berjasa menjadi perantara hidayah dari Allah SWT.

Yang tidak lupa juga teman seperjuangan. Fikri Al Abqori, Galih, Ilham, Awal, Ari, Gina, Gita, Iis, Zaki, Susanto Triyogo, teman – teman KAMDA, dll. Terima kasih atas kebersamaannya. Saya sangat rindu momen – momen terdahulu bersama para pejuang yang tanpa lelah mensyi’arkan islam di kampus tercinta, Politeknik Negeri Bandung.

Kepada para adik – adik 2010 dan 2011 yang sangat saya banggakan. Kalian telah menjadi penerus estafeta yang lebih baik dari seniornya. Melahirkan generasi baru yang lebih semangat, lebih massive, lebih kuat, dan lebih mandiri. Atas nama alumni KAMMI 2009 saya ucapkan syukron jiddan.

Wahai Jiwa Baru..
Momen menjelang Ramadhan ini juga saya mau mengucapkan mohon maaf sebesar- besarnya atas segala kesalahan yang dilakukan kepada semuanya, senior, teman seperjuangan, dan adik – adik KAMMI sekalian. Semoga kita dimudahkan menjalankan ibadah puasa, lebih baik kualitas ibadahnya, dan lebih berkah dalam setiap amalannya. Aamiin..

Refleksi KAMMI
KAMMI adalah organisasi yang unik. Layaknya sebuah kelas akselerasi, KAMMI mendapati orang – orang yang khusus, orang – orang yang mau mempelajari kecepatan belajar, merekalah kader – kader KAMMI. Percepatan yang mereka lakukan hanya semata – mata niat karena Allah. Mensyi’arkan islam dan menebarkan kebaikan sebanyak – banyaknya.

Kenapa bisa disebut dengan kelas akselerasi? Orang yang ingin menjadi siswa aksel itu butuh proses seleksi. Seleksinya pun pasti ketat dan belum lagi soal ujian yang diberikan pun susah – susah. Begitulah KAMMI, Dauroh Marhalah yang diselenggarakan oleh KAMMI adalah bentuk tes masuk kelas akselerasi. Mereka yang mau ikut dengan atau tanpa keterpaksaan dari siapapun adalah orang – orang yang menginginkan akselerasi dalam perbaikan diri, syi’ar islam, dan membentuk generasi.

Tidak perlu khawatir anda tidak punya background ROHIS di SMA. Atau bukan lulusan pesantren atau juga bukan berada di lingkungan keluarga yang islami. Nyatanya, saya bukan berada di ketiga golongan itu pun senior KAMMI pun sangat welcome. Bukankah Nabi Muhammad juga pernah bersabda bahwa yang dilihat itu amal kita atau keinginan kita untuk berbuat baik. Background hanya bendera tapi KAMMI adalah identitas jiwa.

Wahai Jiwa yang Baru, 2015, 2014, 2013. Selamat kalian sudah terpilih menjadi murid akselerasi, anggota KAMMI yang siap memperjuangkan bendera islam meskipun tantangan berat siap menanti. Jangan menyerah untuk terus berbagi hidayah. Selalu tebarkan nilai islam di kampus, di masyarakat, ataupun di dunia maya. Diam itu emas. Minimalnya diam kader KAMMI itu menulis. Menulis untuk amal. Status – statusnya bermanfaat. Share di media sosialnya juga bermanfaat juga.

Dakwah di Masyarakat
Tidak bisa dipungkiri zaman kami, dakwah di masyarakat adalah hal yang paling lumrah orang biasa dengar tentan KAMMI. Mereka mengenal KAMMI lewat ngajar ngajinya, Pawai Obornya, Gebyar Ramadhan, dan semua agenda kemasyarakatan lainnya. Bukan berarti arogansi departemen ya. Hehe kebetulan saya dulu di departemen pengembangan masyarakat KAMMI.

Saat ini sudah berjalan sekitar DELAPAN TAHUN GEBYAR RAMADHAN terlaksana. Angka yang tidak bisa dipercaya oleh saya pribadi. Delapan tahun akhi/ukhti!! Subhanallah ternyata waktu terus berjalan begitu cepat. Mungkin foto – foto ini sedikit mengingatkan betapa indahnya waktu itu.

IMG_4122

begitulah wajah capek (maaf publish tidak izin)😀

Bagi teman – teman alumni yang mau menginfaqkan sebagian rezekinya untuk Komisariat tercinta. Mangga bisa hubungi ke CP : 082320192348 (Nurul Basyiroh)

Dakwah Kampus
KAMMI sebagai “katalis” pergerakan dakwah kampus. Terus konsisten membekali kader – kadernya dengan beberapa kegiatan internal. Dari mulai membaca buku wajib, buku akademik, dan tidak lupa amal – amal ruhiyah lainnya. Perbaikan internal yang terus sinergis dengan aktivitas kampus adalah keseharian kader KAMMI.

Saya bisa jamin SANGATLAH RUGI bagi mahasiswa yang belum mengenal KAMMI sampai ke dalam – dalamnya. Layaknya seorang anak terhadap ibunya. Saya lahir dari rahim organisasi KAMMI. Kemanapun seorang anak merantau, tidak mungkin melupakan dimana ia berasal. Begitulah KAMMI sebagai induk pergerakan dakwah kampus.

Bolehlah kita ikut organisasi dakwah lain. Saya juga mengalami itu. Tinggal di Masjid POLBAN selama dua tahun membuat saya berkecimpung dengan aktivitas DKM. Departemen Syi’ar Assalam juga saya ikut, dan juga menjadi bagian kecil dari ROHIS HIMATEK. Alhamdulillah wa syukurillah

Disini saya bukan menekankan arogansi organisasi. Organisasi dakwah jangan sefanatik himpunan. Kita hanya butuh sinergisitas demi mewujudkan kampus POLBAN menjadi kampus madani yang menjadi prototype kampus islami seluruh Indonesia. Jangan sampai cita – cita terhapus gara – gara antar organisasi dakwahnya saja belum bisa mengurus masalah internalnya.

Perkara dimana kita diposisikan, baik itu di organisasi manapun. Saya sebagai bukti hidup menginginkan semua kader KAMMI jangan melupakan organisasi yang melahirkan kalian semua. Disinilah incubator peradaban dimulai dan disinilah terjadi reaksi akselerasi dan terbentuklah kalian semua seperti hari ini.

Dakwah bil Qolam

gadget
Hal yang kecil yang selalu dilupakan adalah media. Dakwah melalui pena atau tulisan adalah bentuk dakwah kekinian. Kenapa? Gadget merajalela, medsos sudah menjadi barang tidak asing lagi. Disanalah letak peluang dakwah bagi para kader KAMMI.

Yang saya lihat, agenda KAMMI yang dicantum dalam Musyawarah Kerja itu SANGAT banyak sekali tetapi SEDIKIT sekali publikasinya. Semoga itu kesalahan saya yang kurang update di media sosial. Alhamdulillah saya juga lihat ada facebook, twitter, instagram, dan blog KAMMI POLBAN. Luar biasa sekali.

Departemen Media ini sangat berperan dalam semua lini internet. Yang penting mah publikasi. Itu sangat besar kontribusinya. Menjadi Pembawa nama KAMMI di mata mahasiswa. Menjadi pembawa isu penting di kampus, dan terutama menjadi gerbang pembuka agenda besar setelah GEBYAR RAMADHAN yaitu PMB (Penyambutan Mahasiswa Baru).

Saya ada sedikit saran untuk departemen media, coba gunakanlah platform blog lokal seperti kompasiana, blog detik, viva log, dll. Platform blog itu dilakukan secara konsisten dan harus ada yang pegang untuk mempublikasikan tentang KAMMI, baik itu tentang agenda atau tentang isu yang berkembang di kampus atau masyarakat.

Tidak usah banyak – banyak, satu aja misalkan blog kompasiana. Dengan adanya berita tentang KAMMI maka menjadi sorotan utama publik seluruh Indonesia dan syi’ar islam pun tersampaikan. Bisa juga mendapatkan uang dari blog dan uangnya itu untuk kas komisariat. Sedikit saran sih itu dari saya.😀 ada contoh tulisan dari ketum terganteng, M Majid Badaruddin

Sebagai penutup dari saya pribadi. Saya doakan semoga aktivitas amal yang sedang dikerjakan, GEBYAR RAMADHAN dan agenda – agenda selanjutnya semoga selalu mendapatkan pertolongan dari Allah SWT. Sukses juga kuliahnya bisa membanggakan orang tuanya.

Saya minta doanya dari adik – adik KAMMI yang sholeh dan sholehan, semoga kakak – kakak kalian menjadi insan yang berguna di masyarakat juga rezekinya halal tidak lupa bagi yang belum menggenapkan setengah agamanya semoga dipertemukan dengan pasangan yang baik. Aamin Ya Rabbal ‘Alamin
Wallahu’alam bis shawab.

I love you

We love you all

_Atas Nama Alumni KAMMI POLBAN 2009_

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s