Penyesalan Blogger Pemula

(Resensi Buku “Bikin Blog Sejuta Viewer” karya Asrie Nandhita)

IMG20160516205207

Menulis merupakan hobi yang sangat diminati oleh semua kalangan usia. Bisa digunakan sebagai sarana menyalurkan ekspresi atau juga menjadi pundi – pundi uang. Wadah yang tepat untuk menyimpan tulisan adalah blog. Blog merupakan sarana bercengkerama para blogger, atau juga mata pencaharian bagi blogger professional.

Menjadi blogger professional atau blogger amatir itu sama – sama membutuhkan ilmu blogging. Buku “Bikin Blog Sejuta Viewer” adalah buku yang simple untuk para blogger pemula. Buku ini sangat mudah untuk dicerna. Tidak ada coding – coding aneh atau bahasa komputerisasi yang rumit.

Kenapa sebenarnya perlu buku panduan seperti ini? Bukannya bisa saja searching di google? Lebih simple kan? Justru tidak. Dengan menggunakan buku panduan blogger pemula ini, kita tidak susah – susah lagi searching di google dan pusing memikirkan link mana yang jadi referensi. Buku yang simpel ini membuat kita mudah untuk mempelajarinya dari awal. Ya benar – benar dari awal.

Buku ini terdiri dari tujuh bagian.

Trik Mulai Ngeblog.  Pada bab ini kita diperkenalkan dengan wordpress, penyedia blog gratisan dengan domain “…wordpress.com”. Kemudian dimulai dengan membuat akun blog dan memperkenalkan bagian – bagian dari wordpress secara umum. Tidak terlalu detail karena tujuan utama dari blogger pemula adalah bagaimana menyimpan karya tulisannya dan bisa terpublikasikan.

Trik Seputar Profil. Perlu adanya beberapa data yang harus diisi seperti foto, gravatar, dan data pribadi. Bagian ini hanya menjelaskan atau memperkenalkan diri kita di blog.

Trik Seputar Setting. Bagian setting merupakan bagian mengubah judul blog, menambahkan tagline, sampai ke menambahkan tombol sharing. Pengaturan ini hanya bersifat sementara. Sewaktu – waktu bisa dirubah sesuai dengan keinginan penggunanya.

Trik Seputar Kustomisasi Tampilan Blog. Kustomisasi perlu dilakukan untuk mempercantik tampilan blog. Tidak mungkin tema blog kita hanya warna hitam gelap saja. Adanya tema gratisan di wordpress yang lumayan unik bisa membantu tampilan blog menjadi menarik.

Trik Seputar Posting. Bagian ini hal terpenting bagi blogger pemula. Jangan sampai blognya menarik, temanya unik, tapi tulisannya kosong. Di bagian ini dijelaskan tahap – tahap memulai tulisan. Kemudian ada juga tambahan cara menambahkan link, video, mengubah warna teks, dan lain – lain. Di bagian inilah blogger pemula memperhatikan cara penulisan dan juga cara publish tulisan yang menarik untuk dibaca.

Trik Seputar Halaman Blog. Setelah tulisan banyak dipublish maka perlu adanya pengaturan halaman blog. Membuat menu dan sub halaman dijelaskan di bagian ini.

Trik Seputar Pengelolaan Blog. Bab terakhir dari buku ini menjelaskan tentang menambahkan link baru, membuat kategori link baru, mengelola komentar, dan menghapus blog. Kita tidak terlalu fokus pada trik yang terakhir ini. Karena tujuan utamanya untuk blogger pemula adalah bisa publish tulisan yang menarik dengan tampilan blog yang menarik pula.

Buku ini cocok untuk para pemula dalam memulai membuat blog. Step by step dijelaskan tentang blog dari awal sampai akhir. Namun sayangnya, buku ini tidak menjelaskan trik supaya mendapatkan “Sejuta Viewer” seperti judul bukunya. Buku ini lebih ke buku panduan membuat blog dari wordpress step by step. Tetapi tidak dicantumkan trik dalam mendapatkan sejuta viewer.

Saya sangat merekomendasikan buku ini sebagai panduan bagi blogger pemula. Penyesalan blogger pemula adalah ketika hanya memanfaatkan mesin google untuk menjadi panduannya. Gunakanlah buku untuk memperingkas pencarian anda. So, segeralah buat blog karena menjadi blogger itu mengasyikan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s