Blogger Amatir vs Blogger Profesional

(Juara 1 Review Seminar “How to Monetize Your Blog”, 10 April 2016 di Unisma Bekasi)

FB_IMG_1461018834026

kang arul memberikan presentasi tentang tips dan trik di dunia blog

Bisakah mendapatkan uang ratusan juta dari blog? Pastinya bukan merupakan sesuatu yang mustahil. Itu dibuktikan oleh Kang Arul, nama panggilan dari Dr. Rully Nasrullah, M.Si, seorang Profesional blogger yang sudah melanglang buana di dunia blog. Beliau sebagai pembicara pada seminar “How to Monetize Your Blog” di Unisma Bekasi pada tanggal 10 April 2016. Penyampaian materi yang santai dan juga humoris membuat suasana seminar menjadi lebih cair. Antusias peserta –sebagian besar blogger amatir– semakin memuncak ketika diberikan tips dan trik bagaimana menghasilkan uang melalui blog.

Para peserta mulai tercerahkan untuk beranjak ke dunia professional. Mereka diingatkan untuk cerdas dalam bermedia sosial. Hal ini dikarenakan pemanfaatan media sosial sudah merambah ke perusahaan – perusahaan besar, termasuk blog. Biaya yang murah adalah pertimbangan utama perusahaan untuk mempromosikan produknya di media sosial, termasuk blog. Peluang ini harus dimanfaatkan para blogger untuk meraup keuntungan dari tulisan – tulisan yang dimuatnya di blog.

Kemampuan menulis adalah yang harus diutamakan. Bukan hanya fokus pada uang semata. Tulisan yang baik, tidak asal – asalan, tidak plagiat, dan unik adalah daya tarik seorang blogger terhadap kliennya. Berikut adalah beberapa cara meningkatkan kemampuan menulis :

  1. Mengikuti komunitas blogger. Adanya kesamaan hobi membuat blogger semakin bersemangat dalam meningkatkan tulisan – tulisan di blognya. Mereka mempunyai “pembanding” sehingga terus terjaga semangatnya dalam menulis dan terus mengasah tulisannya.
  2. Rajin aktif mengikuti kegiatan blogger. Undangan dari komunitas blogger, seperti Komunitas Blogger Bekasi, diusahakan bisa hadir. Sharing pengalaman ataupun meningkatkan wawasan para blogger adalah tujuan acaranya. Selain undangan, Aktif mengikuti lomba blog, cerpen, atau essai adalah kegiatan blogger yang membuat kualitas tulisan semakin baik dengan semakin banyaknya lomba yang diikuti.
  3. Mempromosikan blog ke klien. Sesuatu yang menarik memang selalu dilirik. Begitu juga tulisan, para blogger dituntut mempunyai tulisan yang unik dan tidak standar. Itulah yang menjadi daya tarik klien menggandeng para blogger
  4. Menulis yang baik dan berprilaku yang baik. Jangan sekali – kali menjadi haters. Para blogger jangan terbawa arus emosi dalam tulisannya. Itu adalah sikap yang dijunjung tinggi para blogger.
  5. Rejeki di tangan Allah SWT. Setelah berusaha meningkatkan kemampuan tulisan untuk menjadi blogger profesional, maka percayalah bahwa rejeki sudah diatur oleh Allah SWT. Dengan niat mendapatkan penghasilan yang lebih baik diiringi dengan usaha yang maksimal maka rejeki akan menghampiri kita. Insyaallah

Konsistensi

Menulis membutuhkan konsistensi. Cara terbaik agar konsisten menulis adalah dengan membuat timeline lomba. Dengan mengikuti berbagai lomba kepenulisan maka konsistensi menulis akan terjaga. Saya pun langsung mengikuti saran dari Kang Arul. Sedikitnyaada tujuh jadwal lomba kepenulisan yang akan coba saya ikuti, diantaranya Lomba Essay Hari Nelayan Nasional 2016, Lomba Blog FLP Bekasi bersama Smartfren, Lomba Menulis Itinerary, Lomba Cerpen Semarang, Lomba Blog Kompasiana, Lomba Blog Competition Kudo, dan Lomba Essay Pesantren An Najah Purwokerto. Karya yang sudah dikirimkan baru tiga, cerpen, essay, dan lomba blog.

Cara lain untuk konsistensi menulis juga dengan menambah akun di beberapa portal. Saya mencoba menambah akun blog saya – bukan hanya di wordpress –  tetapi juga di kompasiana (www.kompasiana.com/kangferry), blog detik (http://mudamanfaat.blogdetik.com ) , dan juga viva log yang belum saya costumize. Meskipun baru mulai di blog baru tetapi setidaknya ada beberapa topik tulisan yang akan dimuat di blog – blog tersebut.

Soft Selling Skill

Kang Arul membuat istilah soft selling dalam dunia blog. Soft selling skill adalah kemampuan penulis untuk mempromosikan barang dengan secara tidak langsung (soft) sehingga pembaca tertarik dan semakin berminat menuntaskan bacaannya. Tentunya membuat barang berhasil terpromosikan dan memberikan kesan bagi pembacanya.

Berpikir Luas (Jangan Standar!)

Menulis tidak harus terpaku pada sebuah kerangka tulisan yang baku. Terkadang kata – kata yang tidak berkaitan pun bisa menjadi sebuah kalimat yang menarik. Teknik 8 kata 8 paragraf adalah teknik yang diajarkan oleh Kang Arul. Jadi dalam menulis sebaiknya membuat terlebih dahulu 8 kata apapun yang ada dipikiran kita kemudian kita harus mengolah kata tersebut menjadi tulisan yang menarik.

Menulis bukan hanya kemampuan mengolah kata semata tetapi menulis yang baik juga harus mementingkan etika. Tulisan kita harus benar – benar asli dan tidak bohong. Tulisan fakta yang berdasarkan referensi. Tulisan opini yang unik bukan hanya untuk sekedar mencari sensasi.

Cara berpikir blogger menurut Kang Arul adalah “Tulislah apa yang anda lihat”. Berpikir jernih kemudian bisa membayangkan kata kunci yang digunakan. Setelah kata kunci didapat lalu dituangkan ke dalam tulisan yang menarik dan kreatif.

Blogger di era 4G LTE

Perangkat internet menjadi sesuatu yang mutlak wajib dimiliki oleh para blogger profesional. Jaringan yang kuat tanpa buffering menunjang kelancaran posting tulisan di blog. Ketika klien mendadak membutuhkan kiriman tulisan atau email maka kita harus menjaga keprofesionalan kita di mata klien. Tidak ada alasan untuk kehabisan paket data, tidak ada jaringan, atau koneksi internet yang lelet.Sehingga perlu adanya fasilitas internet yang menunjang untuk blogger profesional.

FB_IMG_1461018825400

kang ramdeny mempresentasikan teknologi 4G LTE smartfren

Solusi untuk mengatasi gangguan jaringan internet adalah teknologi 4G LTE. Teknologi 4G LTE sangat mendukung aktivitas blogger. Jaringan lancar tanpa lelet memberikan suasana nyaman bagi blogger. Posting tulisan tepat waktu, kirim email dimanapun lebih mudah, dan kepuasan blogging pun tercipta dengan adanya 4G LTE.

Smartfren menawarkan layanan 4G LTE untuk para blogger. Modem dan hand phone smartfren menjadi penawaran terbaik bagi para blogger. Harga yang terjangkau tidak memberatkan bagi para penikmat layanan 4G. Selain itu keunggulan smartfren 4G dilengkapi chipset yang mampu mendukung kinerja internet di frekuensi rendah dan tinggi. Sehingga dapat lebih memudahkan para blogger beraktivitas dimanapun.Kang Ramdeny juga mengajak untuk bergabung di Smartfren Community untuk mengambil manfaat lebih dari pengguna layanan hand phone smartfren 4G LTE.

#YukJadiPengusaha

FB_IMG_1461018820198

presentasi dari KUDO

Ketika koneksi internet sudah mumpuni maka dibutuhkan juga budget pulsa yang memadai. Blogger sangat kesulitan jika harus mencari penjual pulsa sedangkan deadline tulisan harus segera diselesaikan. Aplikasi KUDO sangat membantu para blogger untuk menjaga kelancaran aktivitas blogger. KUDO (Kios Untuk Dagang Online) adalah aplikasi perusahaan KUDO untuk memberikan peluang bisnis bagi seluruh pengguna smartphone. Dengan tagline #YukJadiPengusaha, KUDO mengajak pengguna smartphone menjadi agen KUDO dengan manfaat yang didapat. Tidak hanya pulsa tetapi lebih dari 2 juta produk asli Indonesia dijadikan produk jual beli online oleh KUDO.

Penutup

Sudah saatnya para blogger amatir meningkatkan kemampuan tulisannya untuk dijadikan saran pembelajaran  menjadi seorang profesional. Blogger profesional selalu mengedepankan kualitas tulisan dan kepercayaan klien. Dengan Seminar “How to Monetize Your Blog” yang diselenggarkan FLP Bekasi ini semoga semakin banyak ilmu yang diaplikasikan. Sehingga kemampuan menulis peserta menjadi lebih baik lagi dan bisa menghasilkan uang tentunya.

 

5 thoughts on “Blogger Amatir vs Blogger Profesional

  1. Keren artikel n tipsnya. Memang sebaiknya para blogger lbh mementingkan konten, toh kalau konten bagus, efeknya bisa ke pemasukan jg, hehehe, tp ttp, rezeki Allah yg atur ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s