Tahun 2014, Tahun Muhasabah

Created by : Ferry Adina

muhasabah_refleksi

Alhamdulillah Allah SWT masih memberikan kesempatan kepada saya untuk menulis lagi di blog yang mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk orang banyak. Kebetulan hari ini, saya pulang kerja jam 8 malam dan rasanya ingin sekali menulis lagi  di blog tentang keadaan Indonesia saat ini.

Indonesia saat ini sedang dalam ujian berat. Bencana alam yang melanda bangsa Indonesia akhir-akhir ini merupakan sebuah ujian bagi kita semua, rakyat Indonesia. Mungkin Allah sedang menyeleksi kepada rakyat Indonesia siapa-siapa saja yang beriman,

Apakah manusia mengira bahawa mereka akan dibiarkan mengatakan: Kami telah beriman, sedang mereka belum diuji?” (QS Al-Ankabut:2-3).

Bermula dari Banjir di berbagai kota Besar seperti Jakarta, Bekasi, Subang, Indramayu dan kota-kota besar lainnya. Sampai saat ini adalah meleteusnya Gunung Kelud yang mengakibatkan 80.000 lebih jiwa harus mengungsi bahkan abu yang dihasilkan oleh letusan gunung Kelud tersebut bisa sampai ke daerah Bandung yang notabene sangat jauh dari Gunung Kelud. Boleh jadi bencana banjir yang menimpa bangsa kita ini adalah akibat kita tidak amanah menjaga alam yang diberikan Allah kepada kita. Lingkungan yang kotor, sampah yang tidak dikelola dengan baik, makin banyaknya kontruksi tanpa memikirkan sistem perairan yang bagus. Semua hal tersebut merupakan salah satu penyebab terjadinya banjir yang ada di Indonesia baru-baru ini.

“Telah tampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allâh merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Qs. Ar-Rûm : 41

Kebetulan setelah ada bencana ini, saya mendengarkan khotbah jumat yang menjelaskan hikmah bencana yang terjadi di Indonesia ini. Penyebab bencana memang bisa saja terjadi akibat ulah manusia yang bakhil, sayangnya apakah dampak semuanya yang melakukan kebakhilan untuk alam ini ditujukkan kepada semua orang tanpa pandang bulu sehingga sangat tidak fair ketika orang bakhil yang berbuat dzalim untuk lingkungan (sehingga terjadi banjir) dan orang-orang baik merasakan dampaknya juga. Jelas bahwa sekarang ini bencana yang terjadi bagi Indonesia ini tidak dielakkan bahwa ulah manusia yang terlampau dzalim sehingga Allah perlu menguji kepada rakyat Indonesia supaya bisa muhasabah atau introspeksi diri. Allah memperingatkan kepada kita supaya terus mengingat akan pentingnya menjaga lingkungan dan pentingnya menjaga diri dari perbuatan dosa. Karena sesuai janji Allah bahwa sekecil apapun dosa atau amal kita akan dibalas oleh Nya.

“Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barang siapa mengerjakan kejahatan seberat dzarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.” QS Al Zalzalah : 7-8

Tahun ini merupakan tahun yang sangat bermakna bagi Indonesia dimana tahun ini mengharuskan kita untuk terus bermuhasabah, untuk terus meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kita, untuk terus berdoa dan banyak mengingat Allah.  Apa yang terjadi bagi bangsa Indonesia semoga terus jadi bahan pemikiran untuk terus mengingat Allah dan memperbanyak amal soleh serta meninggalkan kedzaliman yang pernah dilakukan sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s