Pengalaman Rekrutmen Oil and Gas Company

oh : Ferry Aldina

Waktu itu, saya masih semester 5 (lima) mencoba memberanikan diri (alias nekad) melamar Kerja. kenekadan ini bukan sekedar nekad belaka tapi memang waktu itu diujung akhir semester lima menjelang semester enam yang tidak ada kuliah lagi dan tinggal menyelesaikan Kerja praktek dan tugas akhir. jadi gak heran kalau misalkan melamar Kerja dan (mudah-mudahan) ada yang nerima calon pekerja yang belum lulus.
PT. BADAK NGL adalah perusahaan yang saya coba melamar. tahapan-tahapan untuk bisa masuk perusahaan gas alam tersebut tidak mudah karena ternyata ada lima tahapan,
1. Tes potensi akademik (Matematika, Fisika, Kimia, B. Inggris, dan IPA)
2. Tes Psikotes
3. Wawancara psikologi
4. Interview User
5. Medical Check Up
Pas tes pertama, saya ternyata calon pekerja termuda diantara yang lainnya. mereka udah usianya 24 tahun ke atas sedangkan saya baru 20 tahun. bener-bener tanggung dan langsung saja tanpa banyak pikir untuk mengerjakan tes pertama. Alhamdulillah bisa masuk tiga besar pada tahap pertama, kemudian tes yang kedua adalah psikotes dilanjutkan dengan wawancara psikologi. Saya bener-bener kaget pas pertanyaan pertama :
Mrs Psikologi : “Piye kabare?”
Me : “Alhamdulillah sehat” sempet berpikir padahal biasanya paling banter sama bahasa inggris, eh malah pertanyaan pertamanya pake bahasa jawa
tetapi dilanjutkan pertanyaan berikutnya pake bahasa Indonesia, saya sudah pasrah pokoknya soalnya tidak ada jalan lain kecuali jujur kalau saya masih kuliah dan belum lulus. langsung ditanya sama ibu psikologi :
Mrs. Psikologi : “Anda baru lulus ya?”
dengan lugu saya jawab : “belum lulus bu.”
dengan wajah yang sedikit heran, ibu itu bertanya lagi : “terus kapan lulusnya”
Saya jawab dengan mengharapkan didoakan : “Insyaallah September di wisuda bu”
Pertanyaan-pertanyaan seputar kepribadian pun terus dikasih, saya udah pasrah dan jawab seadanya saja. tapi memang Allah SWT sudah memberikan rejeki berupa kesempatan lagi buat saya. Ternyata, sudah satu bulan vakum tidak ada kabar, PT.Badak NGL menghubungi saya kalau saya lulus tahap wawancara dan disuruh medical check up.
Bener-bener mantap pengalaman di medical check up, dari ujung kaki sampai ujung kepala semuanya diperiksa. pokoknya hebatlah fasilitas yang dikasih PT. Badak NGL. saking lengkapnya, dokter yang periksa itu bicara.

“Ini medical chek up buat apa?”
“buat jadi operator PT. Badak NGL bu.”
“ini kayaknya bukan medical check up buat calon operator deh, buat calon ABRI kayaknya”
Yang patut digarisbawahi pas medical check up :
1. jangan sering pake headset!! pasti ketahuan pendengarannya pasti berkurang (saya soalnya bener-bener sulit banget ngedenger suara yang frekuensi 8000 Hz)
2. sikat gigi yang bener! antara abrasi gigi atau karang gigi pasti ketahuan kalau yang gak rajin sikat gigi dan yang abrasi gigi itu yang mungkin terlalu rajin jadinya giginya banyak yang terluka.
Tes terakhir yang sangat menentukan dan merupakan penutup kenekadan saya adalah interview user. Hebat lah dikeroyok sama 5 (lima) orang bos dan semuanya pake bahasa inggris!!!. gila bener pokoknya saya gak ada persiapan buat bahasa inggrisnya dan memang akhirnya LANGKAHKU TERHENTI pas ditanya.
“have you finished your study”
“not yet mom, I’m still finish my final project”
“oh sorry, we have to prepare your training on April (next month). we can’t give you chance to complete your study first and then take a part the training. So, wait for one year and we’ll always wait you”
bener-bener seneng pokoknya meskipun gak dapat pekerjaan yang cepet dibanding temen-temen mahasiswa lain tapi PENGALAMAN LEBIH MAHAL DARI SEGALANYA. saya dikasih kesempatan untuk bicara pas sesi interview user.
“Terima kasih kepada PT Badak NGL yang sudah memberi kesempatan saya untuk melewati setiap tes dan sampai tes terakhir ini, Ini merupakan pengalaman berharga dan pasti banyak hikmahnya. dan saya perllu ditegaskan SAYA ADALAH MAHASISWA PERTAMA YANG MENDAPATKAN KESEMPATAN MERASAKAN REKRUTMEN OIL AND GAS COMPANY SAMPAI TAHAP TERAKHIR INI.. TERIMAKASIH… WASSALAMU’ALAIKUM”
saya langsung keluar ruangan dengan muka senang karena pasti Allah akan memberikan yang sesuatu yang lebih, Amiin. MAN JADA WA JADDA!!!
OIL AND GAS COMPANY!! HAMASAH!!!

4 thoughts on “Pengalaman Rekrutmen Oil and Gas Company

Leave a Reply

