Menyambut Tahun Baru Sebenarnya, Tahun Baru Islam!

Oleh : Ferry Aldina


Melihat sosok Nabi Muhammad SAW, mulai dari akhlak, ibadah, dan segala pengorbanan beliau ketika masih hidup akan membuat kita merasa malu terhadap diri pribadi. Betapa bodohnya diri ini yang selalu melakukan kelalaian dalam beribadah dalam menghamba kepada Sang Khalik, selalu sombong atas segala prestasi dan jabatan yang didapat, dan selalu kufur nikmat ketika diberi banyak kenikmatan oleh Allah SWT. Sungguh ironis, ketika dahulu pun Nabi selalu memikirkan umatnya (kita semua) bahkan ketika menjelang akhir hayatnya pun beliau masih memikirkan kita semua. Lantas apa yang sudah kita lakukan untuk menyebarkan nafas-nafas islam yang selalu menebarkan virus kedamaian dan selalu menghadirkan ketenangan bagi siapa yang masuk ke dalam lingkaran jiwa islam? Atau hanya menjadikan islam ini menjadi identitas pribadi saja dan tidak mau merasakan orang lain agar bisa mendapatkan kenikmatan dalam berislam.
Dalam menjelang tahun baru hijriah, 1 Muharram 1433 H maka selayaknya kita mengevaluasi diri (akhlak dan ibadah) kita terhadap Allah dan sesame makhluk-Nya. Tahun baru islam ini merupakan momentum yang sangat berharga untuk selalu dijadikan pembersih hati kita dan selalu menjadikan pribadi dengan semangat perubahan yang baru sehingga akan menjadi suatu ciri khas tersendiri bagi umat islam dalam mencontohkan perayaan tahun baru. Tahun baru bukan merupakan tahun yang berfoya-foya menghamburkan uang untuk membeli petasan tapi tahun baru merupakan ajang pembaharuan diri, masyarakat dan Negara untuk menjadikan pribadinya bersih (hati dan akhlak) dan lingkungan masyarakat yang bersih juga.
Pemerintahan yang bersih adalah pemerintahan yang selalu melakukan upaya perbaikan di sektor strukut pemerintahannya dan selalu memberikan upaya perbaikan untuk rakyat.
Dari Abu Hurairah ra. berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baiknya puasa setelah Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Dan sebaik-baiknya ibadah setelah ibadah wajib adalah shalat malam.” (HR Muslim)
So, ikhwah fillah semuanya. Jadikan momentum dalam menjelang tahun baru Hijriah 1 Muharram 1433 Hijriah itu menjadi momentum untuk melakukan pembersihan hati dan prilaku kita untuk selalu beribadan dan beramal kepada-Nya. Dan semoga dengan amalan-amalan yang akan dilakukan nantinya menjadikan kita selalu mendapatkan kasih sayang dari Allah untuk disebarkan kepada orang lain dalam rangka Habluminannas. “ Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, kelak Allah yang Maha Pemurah akan menanamkan dalam (hati) mereka rasa kasih sayang.” (QS. Maryam : 96)
HAMASAH!!!

2 thoughts on “Menyambut Tahun Baru Sebenarnya, Tahun Baru Islam!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s