Teknik Kimia POLBAN is the best choice (gak bakal nyesel!!)

Teknik Kimia

Jurusan Teknik Kimia didirikan pada tahun 1987 dan saat ini telah mempunyai 4 Program Studi, yaitu :

  • Program Studi D3 Teknik Kimia (1987)
  • Program Studi D4 Teknik Kimia Produksi Bersih (2008)
  • Program Studi D3 Analis Kimia (2009)
  • Program Studi D4 Teknik Perancangan Sanitasi Pemukiman (2004)

(kerjasama POLBAN dengan Departemen KIMPRASWIL)

Bidang Teknik Kimia merupakan bidang studi yang mempelajari teknik proses konversi dari bahan baku atau bahan mentah menjadi produk, melalui proses kimia dan fisika di dalam suatu kegiatan industri proses.

Visi

Menjadi jurusan yang unggul dan terdepan dalam pendidikan vokasi  yang  inovatif dan adaptif terhadap perkembangan ilmu dan teknologi terapan yang dibutuhkan dunia industri proses.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, bermoral, berjiwa wirausaha, dan berwawasan lingkungan, keselamatan kerja, kelestarian energi
  2. Melaksanakan penelitian terapan dan menyebarluaskan hasilnya untuk kepentingan masyarakat luas
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan ilmu dan teknologi terapan untuk mendukung peninggkatan mutu kehidupan.

PROGRAM STUDI DIII TEKNIK KIMIA

Program Studi  D 3 Teknik Kimia didirikan  sejak tahun 1987 berdasarkan kebutuhan tenaga kerja di industri  proses  kimia yang semakin meningkat, terutama industri proses  yang  berada di Jawa Barat dan Banten. Program Studi yang menyelenggarakan pendidikan Vokasi  bertujuan untuk menghasilkan lulusan D3 bidang industry proses yang professional dalam proses produksi, pengoperasian dan pengendalian peralatan  serta pengelolaan limbah industri.


Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dan terdepan dalam pendidikan vokasi yang inovatif dan adaptif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi  proses di Indonesia.

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berjiwa kewirausahaan serta adaptif  terhadap perkembangan teknologi.

2. Melaksanakan penelitian terapan bidang industri kimia dan menyebarkan hasilnya untuk kepentingan masyarakat luas.

3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat bidang industri proses melalui pemanfaatan ilmu dan teknologi terapan untuk meningkatkan mutu kehidupan

Kompetensi Lulusan

  • Mampu mengoperasikan peralatan utama dan peralatan pendukung di  Industri Proses
  • Mampu melakukan perawatan dan perbaikan peralatan di Industri Proses.
  • Mengevaluasi kinerja proses produksi
  • Memahami sistem keselamatan kerja industri
  • Mampu mengoperasikan unit pengolahan Limbah Industri
  • Mampu berwirausaha di bidangnya

Fasilitas Pendidikan

Prodi D3 Teknik Kimia di Jurusan Teknik Kimia POLBAN memiliki fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, meliputi :

1.  Ruang Kuliah Umum
2.  Laboratorium terdiri atas:

· Lab. Satuan Proses

· Lab. Analitik & Instrumen

· Lab. Bioproses

· Lab. Korosi

· Lab. Satuan Operasi

· Lab. Instrumentasi  & Pengukuran

· Lab. Pengendalian Proses

· Lab. Pilot Plant

· Lab. Perawatan

· Lab. Pengolahan Limbah Industri

3.   Perpustakaan
4.   Ruang Komputer dan Internet
5.   Gudang Bahan
6.   Ruang Kegiatan Kewirausahaan
7.   Ruang Rapat
8.   Ruang Seminar
9.   Ruang Dosen
10. Ruang Administrasi dan Tata Usaha
11. Mushola

Lapangan Kerja

Lulusan Program D3 Teknik Kimia Polban dapat bekerja di industri, instansi pemerintah maupun swasta, konsultan teknik, bidang pendidikan, bidang kewirausahaan dan lain-lain, seperti :

  • Industri Petrokimia
  • Industri Minyak Bumi dan Gas
  • Industri Polimer
  • Industri Pulp & Kertas
  • Industri Semen
  • Industri Pengolahan Hasil Pertanian
  • Industri Hasil Tambang
  • Industri Makanan
  • Industri Farmasi dan Kosmetik
  • Industri Tekstil
  • Industri Elektroplating
  • Industri Minyak Atsiri
  • LIPI
  • Teknisi/Analis Laboratorium Kimia
  • Sales Engineering Peralatan Industri dan Bahan Kimia
  • Kewirausahaan

Penelitian Unggulan

  • Pemanfaatan limbah industri menjadi produk komersial
  • Pengembangan bahan bakar terbarukan
  • Teknologi fermentasi untuk pengolahan hasil pertanian

Kegiatan Mahasiswa

Kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa Prodi D3 Teknik Kimia dalam bentuk organisasi HIMATEK POLBAN meliputi :

  • Kerohanian
  • Seni dan Olah Raga
  • Seminar baik lokal maupun nasional
  • Latihan Kepemimpinan
  • Bakti Sosial  dan Peduli Bencana Alam
  • Kewirausahaan
  • Kunjungan Industri
  • Olimpiade Kimia bidang proses industri

Selain kegiatan ekstrakulikuler di jurusan dalam wadah Himatek, mahasiswa D3 Teknik Kimia juga dapat mengikuti dan aktif pada Unit Kegiatan Mahasiswa sesuai minat dan bakatnya serta dapat berperan aktif pada organisasi mahasiswa  di lingkungan Polban dalam wadah Badan Eksekutif Mahasiwa ( BEM – POLBAN ).

PROGRAM STUDI DIV TEKNIK KIMIA PRODUKSI BERSIH

Merupakan salah satu program studi di Jurusan Teknik Kimia Polban, yang menyelenggarakan program pendidikan vokasi D4 dalam bidang Teknik Kimia  berbasis teknologi bersih, yang  memiliki kesetaraan dengan program pendidikan akademis S1 bidang studi Teknik Kimia. Didirikan pada tahun 2008, atas dasar SK Dirjen Dikti No.8402/D/T/08, bertujuan untuk menghasilkan lulusan D4 dengan kualifikasi yang lebih tinggi dari tingkat D3 dan setara dengan lulusan dari pendidikan S1, dengan sebutan lulusannya sebagai Sarjana Sains Terapan Teknik Kimia Produksi Bersih. Lulusan D4 Teknik Kimia Produksi Bersih  Jurusan Teknik Kimia Polban dapat bekerja di berbagai industri, instansi pemerintah maupun swasta, konsultan, bidang pendidikan, bidang kewirausahaan, dan lainnya dengan posisi sama dengan Sarjana Strata Satu.

Visi dan Misi Program Studi Teknik Kimia Produksi Bersih

Visi

Menjadi program studi yang unggul dan terdepan dalam mendukung perkembangan industri proses di Indonesia dalam era globalisasi melalui pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat oleh sivitas akademika yang berbasis teknologi bersih.

Misi

1      Menyelenggarakan pendidikan D4 untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengoperasikan dan melakukan perawatan industri kimia serta memiliki semangat terus berkembang, bermoral, berjiwa kewirausahaan dan berwawasan lingkungan.

2.     Melaksanakan penelitian terapan dan menyebarkan hasilnya untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi proses produksi bersih.

3.     Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung peningkatan mutu kehidupan yang sadar lingkungan.

Kompetensi Lulusan D4 Teknik Kimia Produksi Bersih

Program D4 Teknik Kimia Produksi Bersih Polban diselenggarakan sesuai kurikulum yang dirancang dengan menitik beratkan pada aspek praktis, untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai berikut :

1.     Mampu mengoperasikan dan merawat peralatan proses di  industri secara baik dan benar.

2.     Mampu mengevaluasi dan menganalisis unjuk kerja suatu peralatan proses dari aspek teknis, ekonomis dan lingkungan.

3.     Mampu meningkatkan efisiensi produksi dengan jalan melaksanakan prinsip teknik produksi bersih.

4.     Mampu merancang sistem produksi dan sistem penanganan limbah.

5.     Mampu melakukan supervisi managerial dan dapat berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik.

Fasilitas Pendidikan

Fasilitas Pendidikan untuk penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di Program Studi D4 TKPB di bawah pengelolaan Jurusan Teknik Kimia, didukung oleh fasilitas yang memadai,  mencakup fasilitas berikut :

A. Ruang Kuliah Umum.

Diperlengkapi dengan alat bantu ajar seperti LCD Projector dan lainnya.

B. Laboratorium

Untuk memberikan pemahaman konsep serta keterampilan mahasiswa, Program Studi Teknik Kimia Produksi Bersih didukung oleh 11 laboratorium yaitu :

1. Laboratorium Kimia Dasar

Laboratorium kimia dasar memberikan ketrampilan dasar dalam kegiatan laboratorium kimia dengan diberikan beberapa modul praktikum yang mendukung kegiatan laboratorium proses kimia baik skala lab, small scale ataupun pilot plant.

2. Laboratorium Analitik & Instrumen

Laboratorium analisis instrumen melatih keterampilan dalam analisis bahan baku dan produk hasil proses, yang dapat berupa bahan organik atau anorganik dengan menggunakan peralatan  konvensional hingga yang paling modern seperti High Performence Liquid Chromatography (HPLC), Gas Kromatografi (GC), Spektrofotometer UV – visible, atomic absorption spectrophotometer (AAS), dan lainnya.

3. Laboratorium Bioproses

Laboratorium bioproses mempelajari proses konversi bahan baku secara mikrobiologis untuk produksi pangan, agro industri, bahan bakar terbarukan dan lainnya.

4. Laboratorium Satuan Proses

Di laboratorium ini mahasiswa melakukan praktikum kimia organik dan praktikum sintesa bahan – bahan organik dan anorganik. Praktikum kimia organik bertujuan mempelajari karakter-karakter senyawa organik secara fisik dan kimia, sedang praktikum sintesa bahan bertujuan mempelajari pengaruh variabel proses seperti temperatur, tekanan,  pengadukan dan waktu terhadap kualitas produk serta proses pemurniannya.

5. Laboratorium Instrumentasi dan Pengukuran

Laboratorium instrumentasi dan pengukuran membekali mahasiswa dengan keterampilan dan pemahaman prinsip kerja, metode pengukuran dan operasional alat-alat ukur yang sering digunakan di industri proses seperti pengukuran temperatur, tekanan, laju alir, ketinggian larutan, konsentrasi, pH, dan lainnya.

6. Laboratorium Satuan Operasi

Di dalam laboratorium ini mahasiswa mempelajari prinsip – prinsip satuan operasi untuk pemisahan dan pemurnian seperti : destilasi, ektraksi, absorbsi, aliran fluida, pencampuran dan pengadukan. Disamping itu juga satuan operasi untuk perpindahan panas seperti: humidifikasi, pengeringan, heat exchanger dan evaporasi, dan satuan operasi untuk perlakuan mekanik seperti : filtrasi, grinding dan sizing, sentrifugasi dan lainnya.

6. Laboratorium Pengendalian Proses

Laboratorium pengendalian proses mempelajari prinsip-prinsp pengendalian variabel proses agar proses berlangsung sesuai dengan konfigurasi yang ditetapkan, melakukan simulasi untuk mempelajari karakteristik pengendalian proses seperti tekanan, temperatur, pH, konsentrasi, laju alir, dan ketinggian fluida berbasis komputer dengan program PLC dan DCS

7. Laboratorium Perawatan

Di dalam laboratorium ini mahasiswa mempelajari komponen komponen dan prinsip kerja peralatan pendukung proses dan pemeliharaannya seperti : pompa, kompresor, blower, pompa vakum, steam trap, alat penukar panas dan lain sebagainya.

8. Pilot Plant

Di dalam pilot plant, mahasiswa mempelajari kinerja unit operasi dalam skala yang besar berupa miniatur pabrik kimia seperti destilasi fraksionasi, leaching, pencampuran dan pengadukan, humidifikasi, falling film epavorasi, pengeringan, pertukaran panas yang dilengkapi dengan boiler berkekuatan 10 bar dan kompresor 10 HP.

9. Laboratorium Korosi

Mempelajari mekanisme terjadinya korosi di dalam lingkungan yang bervariasi, menerapkan metoda  pencegahan dan penghambatan terjadinya korosi, seperti proses inhibisi, elektroplating, proteksi katodik, dan anodisasi. Di laboratorium ini juga digunakan untuk praktikum Kimia Fisik, dimana mahasiswa melakukan praktikum dengan modul-modul seperti viskositas, bomb kalorimeter, kalor reaksi dan lainnya.

10. Laboratorium Komputasi

Di laboratorium ini mahasiswa diberikan praktik aplikasi software terutama yang berkaitan dengan teknik kimia seperti : Hisys, CAM-cad, piping and fluid flow, Mat-lab, AUTOcad dan lainnya.

Fasilitas komputer dan internet memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi mahasiswa dan staf untuk mengakses informasi di dunia maya agar terus mengembangkan wawasan dan teknologi.

11. Laboratorium Pengolahan limbah Industri

Didalam laboratorium ini mahasiswa mempelajari proses pengolahan limbah cair dan  padat sehingga memenuhi baku mutu yang ditetapkan seperti : filtrasi, flokulasi, sedimentasi, pertukaran ion, reverse osmosis, daur ulang limbah padat menjadi kertas dan pupuk organik. Laboratorium ini juga digunakan sebagai pendukung praktik teknik produksi bersih.

C. Perpustakaan

Perpustakaan Jurusan Teknik Kimia diperlengkapi dengan koleksi lebih dari 1000 judul bahan pustaka yang spesifik berupa buku referensi, buku teks, modul praktikum bahan ajar, jurnal, laporan tugas akhir dan kerja praktek mahasiswa, serta ditunjang dengan perpustakaan pusat yang memiliki koleksi lebih lengkap dan bervariasi dilengkapi dengan elektronik library.

D. Ruang komputer & Internet

E. Gudang Bahan

F. Ruang Kegiatan Kewirausahaan

G. Ruang Rapat

H. Ruang Seminar

I. Ruang Dosen

J. Ruang Administrasi dan Tata Usaha

K. Mushola

LAPANGAN KERJA

Lulusan program D4 Teknik Kimia Produksi Bersih dapat bekerja di berbagai industri, instansi pemerintah maupun swasta, konsultan, bidang pendidikan, bidang kewirausahaan, dan lain-lain seperti :

· Industri perminyakan dalam perusahaan dan jasa pelayanan

· industri  petrokimia

· Industri  polimer

· Industri  pulp dan kertas

· Industri  semen

· Industri  bahan kimia

· Industri  pengolahan hasil pertanian

· Industri  hasil tambang

· Industri  makanan

· Industri  farmasi dan kosmetik

· Industri  tekstil

· Industri  elektroplating

· Konsultan proses industri berbasis produksi bersih dan lingkungan

· Instansi pendidikan

· Kewirausahaan

· Laboratorium kimia- dll.

PENELITIAN UNGGULAN

  • Penerapan konsep 3 R melalui pemanfaatan limbah industri menjadi produk komersial
  • Pengembangan bahan bakar terbarukan
  • Penerapan proses produksi bersih di industri
  • Penerapan proses produksi bersih di laboratorium

KEGIATAN MAHASISWA

Kegiatan mahasiswa D4 Teknik Kimia Produksi Bersih Jurusan Teknik Kimia Polban berada di bawah organisasi mahasiswa HIMATEK (Himpunan Teknik Kimia) Polban, sebagai wadah untuk bersosialisasi dan beraktualisasi pada kegiatan ekstrakulikuler mencakup :

  • Pendidikan
  • Kerohanian
  • Latihan Kepemimpinan
  • Seni dan Olah Raga
  • Seminar lokal/nasional
  • Kewirausahaan
  • Kesenian
  • Kunjungan Industri
  • Kegiatan pengabdian kepada masyarakat

Bentuk wadah lain sebagai organisasi mahasiswa, dapat diikuti oleh mahasiswa D4 Teknik Kimia Produksi Bersih seperti organisasi Unit Kegiatan Mahasiswa dan Badan Eksekutif Mahasiswa. Program kemahasiswaan ini berfungsi sebagai pendukung untuk kelancaran program akademis, disamping juga untuk menggali potensi mahasiswa berdasarkan minat dan bakat. Program termaksud adalah : program ko-kurikuler dan ekstra kurikuler.

PROGRAM STUDI DIII ANALIS KIMIA

Pada tahun ajaran 2008/2009 POLBAN telah memiliki sebelas program studi Diploma III bidang rekayasa (teknik), enam program studi Diploma III bidang tataniaga, serta enam program studi Diploma IV.  Pada tahun ajaran  2009/2010 POLBAN membuka program studi Diploma III Analis Kimia. Program studi ini berada di bawah Jurusan Teknik Kimia. Program D III Analis Kimia dibuka  berdasarkan besarnya kebutuhan industri pada tenaga analis kimia, serta didukung dengan adanya standar kompetensi profesi analis kimia yang telah disepakati.

Program Studi D III Analis Kimia diselenggarakan dalam 6 (enam) semester dengan 49% SKS Teori dan 51% SKS Praktek, termasuk praktek kerja lapangan yang dilaksanakan di industri. Program ini diselenggarakan dengan pendekatan pembelajaran berbasis kompetensi sehingga lulusan akan memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.


Visi

Menjadi program studi yang unggul baik nasional maupun regional menghasilkan lulusan yang terampil di bidang Analisa Kimia, berakhlak baik, berbudaya Indonesia, dan berwawasan lingkungan.

Misi

1. Menyelenggarakan program studi Analis Kimia untuk menghasilkan lulusan yang unggul dalam kompetisi nasional dan regional.

2. Melaksanakan penelitian terapan untuk mendukung perkembangan analisa kimia di industri proses, lembaga penelitian atau lembaga lain yang membutuhkan jasa analisa kimia.

3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mendukung peningkatan mutu kehidupan.

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama

· mampu melaksanakan  Good Laboratory Practice (GLP) dan Good Measurements Practice (GMP).

· mampu melaksanakan  analisa kimia konvensional maupun analisa kimia modern (menggunakan instrumen).

· mampu bekerja dengan mengikuti SOP dan mempertimbangkan safety (Health and Safety Environment – HSE) di laboratorium tempat bekerja.

· mampu menyiapkan berbagai jenis sampel (padat, cair dan gas) dan menetapkan metoda analisanya.

· mampu menetapkan titik-titik kritis pengambilan sampel pada suatu proses produksi beserta dengan kebutuhan analisanya.

· mampu mengolah data secara statistik untuk kegiatan jaminan mutu laboratorium.

· mampu menggunakan, merawat dan memverifikasi berbagai peralatan analisa kimia konvensional maupun moderen (instrumen).

· mampu  melaksanakan validasi metoda uji.

Kompetensi Pendukung

· mampu  berkomunikasi efektif baik lisan maupun tulisan serta berjiwa pemimpin.

· inovatif dan memiliki wawasan wirausaha.

Fasilitas Pendidikan

Prodi D3 Analis Kimia di Jurusan Teknik Kimia POLBAN memiliki fasilitas yang memadai untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, meliputi :

1.  Ruang Kuliah Umum
2.  Laboratorium terdiri atas:

· Laboratorium Kimia analitik Instrumen dengan peralatan modern seperti Atomic Absorption Spectrofotometer (AAS), UV/VIS Spectrofotometer, Infrared Spectrofotometer, High Performance Liquid Chromatography (HPLC), Gas Chromatography (GC), Polarimeter, Potensiometer, Konduktometer, Combititrator, pH meter, Bomb Calorimeter.

· Laboratorium dan peralatan pendukung praktikum kimia dasar, kimia anorganik, kimia organik, kimia fisik, mikrobiologi,  dasar bioteknologi, satuan operasi, pengelolaan limbah industri, kimia polimer, kimia pangan dan kimia farmasi, serta laboratorium komputer

· Selain laboratorium dan peralatan utama analisa kimia, Prodi Analis Kimia memiliki pilot plant dan laboratorium  pengendalian proses yang dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan wawasan mahasiswa tentang dunia industri.

3.   Perpustakaan
4.   Ruang Komputer dan Internet
5.   Gudang Bahan
6.   Ruang Kegiatan Kewirausahaan
7.   Ruang Rapat
8.   Ruang Seminar
9.   Ruang Dosen
10. Ruang Administrasi dan Tata Usaha
11. Mushola

Lapangan Kerja bagi Analis Kimia

Lulusan program studi Analis Kimia disiapkan untuk menjadi Analis Kimia di Laboratorium Kimia, baik di lembaga penelitian  pemerintah maupun di unit pengujian mutu di industri-industri seperti :

· Industri Polimer, Petrokimia, Minyak Bumi dan Gas

· Industri Makanan dan Pengolahan Hasil Pertanian

· Industri Minyak Atsiri

· Industri Semen, Keramik  dan Pengolahan Hasil Tambang

· Industri Kertas, Tekstil

· Industri Farmasi dan Kosmetik

· Industri Elektroplating

· Jasa Analisa Kimia

· Sales Peralatan dan Bahan Kimia

· Konsultan Lingkungan

· Laboratorium Forensik

· Laboratorium Klinis

· Wirausaha

Kegiatan Mahasiswa

Kegiatan ekstrakurikuler mahasiswa Prodi D3 Analis Kima dalam bentuk organisasi HIMATEK POLBAN meliputi :

  • Kerohanian
  • Seni dan Olah Raga
  • Seminar baik lokal maupun nasional
  • Latihan Kepemimpinan
  • Bakti Sosial  dan Peduli Bencana Alam
  • Kewirausahaan
  • Kunjungan Industri
  • Olimpiade Kimia bidang proses industri

 

Selain kegiatan ekstrakulikuler di jurusan dalam wadah Himatek, mahasiswa D3 Analis Kimia  juga dapat mengikuti dan aktif pada Unit Kegiatan Mahasiswa sesuai minat dan bakatnya serta dapat berperan aktif pada organisasi mahasiswa  di lingkungan Polban dalam wadah Badan Eksekutif Mahasiwa (BEM – POLBAN).

 

2 thoughts on “Teknik Kimia POLBAN is the best choice (gak bakal nyesel!!)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s