Water is My Life

Oleh Ferry Aldina

Ditujukan untuk mengikuti kompetisi WEB Kompas MuDa & AQUA

Setiap negeri memiliki permasalahan masing-masing, semakin banyak kewenangan yang dilakukan pemerintah di beberapa bidang maka semakin banyak pula masalah yang timbul.  Kita tidak bisa memungkiri bahwa masalah di bidang ekonomi, pendidikan, dan sektor lainnya sering ada tiap tahunnya. Pemerintah mengeluarkan kebijakan kemudian disampaikan ke masyarakat melalui media. Setiap kebijakan pemerintah pasti memiliki kubu yang pro dan kontra di masyarakat. Seharusnya sebagai masyarakat yang kritis, kita juga harus mengapresiasi usaha dari pemerintah yang sudah bersusah payah dengan berbagai cara dalam melakukan upaya perubahan yang lebih baik. Kita jangan menjadi orang yang selalu menjadi komentator permasalahan dan bukan menjadi problem solver. Setiap kita adalah seorang pemimpin dan setiap pemimpin dimintai pertanggunggjawabannya. Sebuah kalimat yang sungguh indah dan bermakna yang diucapkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebuah peringatan bahwa negeri ini merupakan tanggung jawab kita bersama dan harus dijaga dan dipelihara sebaik mungkin.

Mengenai permasalahan bangsa, maka yang harus disorot adalah masalah pendidikan. Pendidikan merupakan cerminan setiap bangsa. Suatu bangsa bisa dilihat dari kemampuannya dalam mengelola sistem pendidikannya. Bangsa yang maju merupakan bangsa yang lebih mementingkan untuk menciptakan generasi yang cerdas dan bermoral. Generasi yang bisa membawa bangsa ini ke arah perbaikan dan menuju kesejahteraan rakyat.

Masalah ekonomi menjalar ke masalah pendidikan.  Misalkan ekonomi yang tidak mendukung menyebabkan banyak anak yang tidak melanjutkan sekolah sehingga dengan keterbatasan kemampuan yang mereka miliki maka mereka tidak bisa mencari pekerjaan dan menyebabkan angka pengangguran meningkat. Lebih parah lagi ketika sudah dibisikkan niat yang tidak baik karena terdesak kebutuhan, segala cara pun dilakukan demi sesuap nasi. Itu hal yang tidak kita inginkan tentunya.

Sesungguhnya banyak hal yang kita manfaatkan di negara yang kekayaannya melimpah ini. Tanah yang subur bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan hasil tanaman yang berkualitas. Sebenarnya apa yang kurang di negara kita ini? Kurang bersyukur mungkin salah satu faktornya. Pernahkah kita menulusuri sumber daya air di negara ini bisa berdampak pada kemajuan sistem ekonomi

Gambar diatas menunjukkan pentingnya air untuk sumber ekonomi bangsa dan mata pencaharian masyarakat. Air sangat berguna bagi pengairan sawah. Sawah yang terpelihara dengan pengairan yang baik maka padi yang dihasilkannya pun akan bagus. Kita sudah tahu bahwa Negara kita mencapai swasembada pangan untuk kedua kalinya. Kita tidak dapat memungkiri bahwa air sangat berperan dalam pencapaian swasembada beras tersebut. Kalaulah air yang dilakukan untuk sistem pengairan sawah tersebut tidak bagus maka kita tidak bisa menjawab apakah kita masih bisa dikatakan lumbung padinya Asia meskipun kini akhirnya kita mengimpor beras dari negara lain dengan dalih sebagai cadangan persediaan beras. Apakah padi-padi kita tidak bisa dijadikan persediaan cadangan beras?

Air adalah sumber kehidupan. Jadi gunakanlah sumber kehidupan tersebut menjadi faktor penentu keberhasilan bangsa dalam sektor ekonomi khususnya. Masalah ekonomi bisa sedikit diatasi maka masalah pendidikan pun bisa terkena dampak positifnya. Semakin banyak orang yang tidak khawatir untuk sekolah dan tidak menutup kemungkinan juga pemerintah menyediakan fasilitas lebih kepada seluruh warganya, baik di daerah perkotaan ataupun daerah terpencil sehingga semua kalangan bisa merasakan nikmatnya memperoleh ilmu dan bisa mengaplikasikan di kehidupan sehari-hari.

Sungguh harapan kita bahwa bangsa ini menjadi bangsa yang cerdas, kreatif, dan solutif. Education is the best choice to catch the future and the water support to make it real through economical sector.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s