Resensi Buku : Menjadi Murabbbi itu Mudah

Buku seri motivasi dakwah dan tarbiyah “Menjadi Murabbi itu Mudah”  adalah salah satu dari 100 buku pengokohan tarbiyah yang merupakan karya dari penulis Muhammad Rosyidi. Buku ini berisikan 154 halaman.

Buku “Menjadi Murabbi itu Mudah” menjelaskan terlebih dahulu fenomena-fenomena yang terjadi dalam suatu halaqah yang kemudian halawah binaan dari suatu halaqah tersebut diharuskan memiliki binaan. Disanalah letak permasalahanya, para aktivis yang sudah menjalani tarbiyah dan atau memahami urgensi dari tarbiyah kadang-kadang enggan untuk memegang binaan atau menjadi murabbi. Buku ini menjelaskan sebab-sebab kenapa enggan menjadi murabbi, mulai dari merasa belum siap, merasa tidak cocok, sibuk, sampai trauma pengalaman. Berbagai penyebab tersebut dijelaskan secara rinci beserta fadhilah atau manfaat menjadi murabbi sehingga penyebab enggan menjadi murabbi bisa menumbuhkan semangat tinggi untuk meneruskan estafeta dakwah.

Sekilas tentang buku “Menjadi Murabbi itu Mudah”, buku ini tidak sekedar langsung harus  mewajibkan para pembaca untuk menjadi murabbi meskipun itu merupakan keharusan. Buku ini dimulai dengan menerangkan tugas murabbi dan status murabbi itu sendiri, yaitu menyambung mata rantai dakwah dan memberikan kontribusi untuk dakwah. Kemudian setelah tahu akan status murabbi yang begitu amat penting, buku ini melanjutkan pembahasannya dengan menjelaskan keuntungan menjadi seorang murabbi, misalnya pahala yang terus mengalir , dan banyak lagi penjelasannya. Pembaca diharapkan mendapatkan stimulan untuk berkeinginan menjadi murabbi setelah membaca bab tersebut.

Pembaca mulai dihadapkan dengan rintangan dan cara mengatasinya dengan berdasarkan cerita dari murabbi-murabbi yang sengaja tidak dituliskan di buku ini. Harapannya, bagi para murabbi yang baru memulai untuk memimpin suatu halaqah maka bisa digunakan sebagai referensi jika terjadi masalah dengan binaannya.

Buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh murabbi yang akan memulai halaqahnya tetapi tidak menutup kemungkinan murabbi yang sudah memegang binaan dapat membaca buku ini karena boleh jadi apa yang dialami selama ini butuh pengetahuan untuk penanganannya. Akan tetapi, buku ini tidak dijelaskan metoda halaqah yang paling baik untuk menciptakan binaan yang berkualitas karena memang dalam praktek di lapangannya, para murabbi mempunyai metoda sendiri dan disesuaikan dengan kondisi binaannya. Wallahu’alam bis shawab.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s