Rasanya kuliah di Teknik Kimia

Sungguh memang tiap mahasiswa yang masuk ke univesitas awal-awalnya bakal ngerasa nyaman sama mata kuliah pertamanya. Kenapa? Karena pada awalnya mata kuliahnya hampir sama kayak pelajaran di SMA. Jadi kuliah itu gak susah-susah amat. Gak heran kalo udah naik semester sadar kalo dulu itu tak sesusah sekarang buat dapetin IP gede. Ini ajangnya sharing buat temen-temen yang pengen serius kuliah (dimanapun itu tempat kuliahnya).

Ketika kuliah di Politeknik Negeri Bandung, saya diberi kesempatan untuk masuk di Teknik Kimia dan mulai merasakan gimana rasanya kuliah di jurusan ini. Bayangannya sih seputar teknik kimia dan memang ada teknik kimianya tapi kita disini banyak nemuin yang “berbau-bau” fisika. Mata kuliah seperti itu kalo di POLBAN dapetnya pas di semester tiga. Ya seperti kalian tau lah fisika gitu, jarang orang yang ngomong mudah dan itu mungkin dirasakan oleh kami, Teknik Kimia. Tapi jangan khawatir, pertamanya mah kita nyantei aja karena mata kuliahnya ngulang waktu SMA. Justru kita semangat pas masuk kuliah dan ternyata gak susah-susah amat.

Masa-masa mudah kayak gitu Cuma dirasain waktu tingkat satu tapi pas masuk semester tiga dan empat itu bener-bener kerasa “kuliah di jurusan teknik”.. Bener-bener susah kalo kita nyantei-nyantei aja. Buktinya saya yang mata kuliahnya Sembilan mata kuliah dan 21 SKS keteteran kalolah nyantei. Kenapa berat? Pas kuliah mah gak berat tapi kalo pas ujian sungguh berat kalo kita gak punya persiapan maksimal, soalnya semuanya pada “mikir semua” mata kuliahnya gak cuma praktek aja. Sebenernya saya nyesel gak maksimalin waktu yang udah dulu kebuang sia-sia, ya kerasanya sekarang!..

So, buat temen-temen yang pengen serius kuliah and bawa nama baik Orangtua maka serisulah belajar meskipun suasananya membuat anda nyantei . Seriuslah karena serius itu penting untuk menunjukkan keprofesionalan kita.

16 Comments Add yours

  1. tika says:

    hm,, gak berat ko klo mau ngejalanin dengan ikhlas dan semangat..

  2. hilda syaidatul ulfah says:

    KAK…..aku mau masuk polban neh tahun sekarang lewat jalur PMDK aku dr jaman budak leutik aku seneng sama kimia makanya aku mu ngambil TEKNIK KIMIA PRODUKSI BEERSIH. bisa ceritaain banyak gak sih kak…mata kuliahnya? pokoknya yag banyak ceritainnya.

    1. Salam kenal..
      Insyaallah Teknik Kimia itu pilihan terbaik..
      Mangga Add saja facebook saya… mungkin saya bisa sharing seputar Teknik Kimia.
      Semuanya luas tentang Teknik Kimia, mulai dari Mata Kuliah yang rame,, lomba science, lomba rancang pabrik, pekan kreativitas mahasiswa, pkoknya rame dek..

      1. yolanda kristine says:

        fb nya nmanya ap kka ? pengen masuk teknik kimia nih . pengen nannya2

      2. maaf baru dibuka blognya lagi.. ini facebook saya ketik aja “Ferry Aldina” ato “ferryaldina@rocketmail.com”

  3. pipin says:

    susah nggk kak, belajar atau kuliah dengan jurusan teknik kimia itu?

    1. ya gitu lah.. semuanya dipelajari tentang ilmu kimia,industri,dll..
      tapi semuanya bertahap..

  4. cacaa says:

    kak, ak kan d sruh ortu + ak jg pngn msuk teknik kimia, tp bnyk temen2 ak yg bilang klo cewek teknik kimia itu trlalu susah ntr gag lulus2 dan susah dpt pkrjaan krna teknik kimia lbh bnyk dbtuhkan cowok drpd cewek. apa iya kyk gtu kak?

    1. gak,, cowok n cewek sama2 punya peluang buat masuk dunia kerja..

  5. YUS MIGAR says:

    SAYA INGIN AMBEL TEKNIK KIMIA TAPI SAYA TIDAK MAMPU

  6. s says:

    kak, saya juga minat di teknik kimia , tapi takut ga kuat dan keteteran. sebenernya susah banget ga sih jurusan tekim itu ?soalnya banyak tmn2ku bilang katanya susah bgt .makasih

    1. relatif sih susah ato gaknya mah.. insyaallah kalo kita yakin bisa pasti dimudahkan belajarnya juga..

  7. sara says:

    kak saya lagi kuliah di smk 13 jurusan anali kimia.. pgn kerja sambil kuliah rencananya
    di polban ada jalur karyawan gak? he

    1. maaf baru bales.. kalo kelas karyawan belum ada kecuali udah ada kerja sama dengan perusahaannya. tapi biasanya program seperti itu diambil sama yang kerja di perusahaan tersebut. Maksudnya jadi utusan dari perusahaan untuk kuliah di polban.

      tapi kalo mau kerja sambil kuliah mah mending wirausaha aja soalnya anak polban mah biasanya sambil wirausaha..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s