Solusi KAMMI untuk Masyarakat

Oleh : Ferry Aldina

Bismillahirrahmaanirrahim,

Rasanya Negara kita yang tercinta ini masih belum bisa menghentikan derasnya masalah yang terus menerus menimpa Negara ini. Meskipun ada pepatah yang mengatakan “ Beruntunglah jika seseorang mempunyai masalah karena dia akan berusaha menggunakan otaknya untuk berpikir dalam mencari solusinya”. Akan tetapi, bagaimana kalau masalah tersebut masih saja belum terselesaikan dan bahkan menjadi tumpukkan masalah yang hanya dijadikan “koleksi” oleh pemerintah. Lalu bagaimana dengan KAMMI? Bagaimana posisi KAMMI dalam menyelesaikan masalah-masalah Negara ini?

Yang harus jadi sorotan masalah Negara ini adalah kondisi masyarakat yang kurang terkondisikan, bagaimana tidak? Karena masih banyak contoh kerusakan moral yang berada ditengah masyarakat ini, misalkan akibat dari kurangnya rasa kemanusiaan dari tiap warga masyarakat sehingga banyak sekali kejahatan yang terjadi. KAMMI disini bergerak bukan bertujuan semata-mata untuk membantu permasalahan Negara tetapi permasalahan yang menimpa masyarakat ini memang suatu kewajiban yang sudah diperintahkan Allah SWT dalam firman-Nya

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntun.” (QS. Ali Imran : 104)

Salah satu departemen di KAMMI adalah Departemen Pengembangan Masyarakat (Pengmasy). Pengmasy ini merupakan bentuk ikhtiar KAMMI untuk melakukan serangkaian “aksi” yang sekiranya bisa merekayasa suatu masalah menjadi suatu berkah, yang intinya berusaha menyelesaikan problematika ummat. Organisasi KAMMI TIDAK menjual nama organisasi tetapi yang kami harapkan adalah menegakkan panji islam di tengah masyarakat sehingga masyarakat sendiri akan sadar sendirinya bahwa hanya islamlah yang bisa menjadi solusi dari segala permasalahan.

KAMMI sangat peduli akan pentingnya generasi muda qurani dan menyelamatkan para calon penerus bangsa dari terkaman-terkaman pergaulan yang sudah membabi buta dan menjalar ke semua kalangan. Oleh karena itu, kader KAMMI juga mengamalkan ilmunya untuk mengajar anak-anak yang masih sulit untuk membaca Al Quran. Tidak hanya generasi muda yang kita perhatikan, di tengah masyarakat juga masih banyak adat-adat yang masih menyesatkan dan membutuhkan waktu untuk memberikan pemahaman kepada masyarkat, misalnya masalah sesajen, menyan, dll. Sungguh perlu kerja sama yang kuat di antara elemen masyarkat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang sejahtera dan islami.

KAMMI itu sebagai fasilitator untuk semua orang yang ingin melakukan perbaikan untuk diri sendiri ataupun oranglain/masyarakat.  KAMMI sadari bahwa apa yang dilakukan selama ini belum maksimal dalam menyelesaikan masalah bangsa ini tetapi kami yakin bahwa dengan keistiqamahan “para pejuang penegak panji islam” dalam memberikan solusinya untuk problematika ummat maka MASYARAKAT ISLAMI yang didamba-dambakan akan terwujud. Amiin. Masyarakat yang merasa aman dalam mendapat penghidupan yang layak, masyarakat yang sejahtera, dan masyarakat yang paham akan nilai-nilai islam. Itulah yang pastinya kita harapkan dan semoga bukan hanya menjadi angan-angan dan hilang begitu saja. Wallahu’alam bisshaawab

2 thoughts on “Solusi KAMMI untuk Masyarakat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s