MEMAHAMI DIVERSITAS KEPRIBADIAN

Oleh : Ferry Aldina

kompak

“ . . . (tetaplah atas) fitrah Allah yang telah menciptakan manusia menurut fitrah itu. Tidak ada perubahan pada fitrah Allah. . . .” (Ar-Rum : 30).

Fitrah Allah sudah menjadi ketentuan dan tidak dapat diubah. Ketentuan tersebut sudah ada sejak lahir dalam hal  “kefitrahan” lahiriyah dan pembentukan sifat yang sudah ada sejak lahir berdasarkan faktor genetisnya.  Keduanya (kelahiran yang fitrah dan sifat manusia) mempunyai sesuatu yang menarik untuk dibicarakan, keduanya dapat membentuk karateristik dan dapat menjadikan pribadi yang luar biasa atau malah menjadi “perusak” di muka bumi.

Kelahiran seseorang di muka bumi ini memperlihatkan bahwa kita sebagai manusia sangat perlu bimbingan yang intensif sampai menjadi pribadi yang mandiri dan dapat diarahkan dan bahkan dapat mengarahkan ke jalan yang benar, yaitu jalan menuju surgaNya Allah SWT.  Berbicara tentang kepribadian, pribadi seseorang yang tampak dari keseharian merupakan wujud pembuktian dari pencarian jati diri yang dilakukan selama perjalanan hidupnya. Pribadi juga identik dengan akhlak, untuk itu pembentukan akhlak mulai dari dini sangat menentukan pertumbuhan kepribadian. Kebutuhan antar individulah yang menjadi pembeda dalam konteks membentuk pola prilaku seseorang, kebutuhan tersebut antara lain :

  1. Kebutuhan biologis

Kebutuhan ini mencerminkan tingkah laku individu untuk mendapatkan ambisi. Ambisi yang besar membuat orang tersebut menjadi pribadi yang pekerja keras, optimis, pantang menyerah, dan orientatif (memiliki tujuan hidup yang jelas). Berbeda dengan individu yang memiliki kebutuhan biologis (uang, makanan, penghidupan yang layak) yang serba ada akan mengakibatkan potensi yang dimilikinya hilang dan tentu akan kalah dalam persaingan dengan individu yang bersungguh dan “banyak makan garam” di kepedihan untuk memenuhi kebutuhan biologisnya.

  1. Kebutuhan nutrisi islam

Kebutuhan ini berhubungan dengan pemikiran yang berbeda antar individu. Perbedaan ini merupakan hal yang mencolok dalam prilaku seseorang di kehidupan sehari-hari. Mereka yang memiliki pemikiran yang sudah mendalam berbeda dengan mereka yang berpikiran dangkal. Maksudnya, manusia yang memiliki keinginan melakukan perubahan demi terwujudnya cita-cita untuk bertemu dengan Sang Penciptanya, memiliki keinginan kuat untuk melakukan perbaikan baik dalam segi amaliah, sikap, dan perkataan berbeda dengan mereka yang berpikiran hanya untuk dunia. Lalu apa bedanya dengan orang yang memiliki keinginan sama (bertemu dengan Allah) tetapi ketika dalam mengaplikasikannya terkadang jauh berbeda? Sebenarnya mereka yang benar-benar memiliki keinginan kuat untuk berubah demi terciptanya jiwa yang sepenuhnya islam, mereka tidak akan gentar dan tetap akan melanjutkan perjalanannya menuju surga Allah. Akan tetapi, mereka yang masih labil perlu melakukan pemahaman lebih, terkadang terpengaruh dan sulit untuk bangkit di dalam jurang kesesatan ketika dihadapkan dengan situasi yang menguji komitmennya sebagai muslim sejati.

Menyikapi kebutuhan akan nutrisi islam, maka mereka yang memiliki pemahaman yang mendalam dengan mereka yang masih dangkal memiliki hubungan yang tidak dapat dipisahkan. Mengapa? Keduanya saling membutuhkan karena mereka saling melengkapi dalam mewujudkan muslim yang fahm .

Jadi, garis kepribadian seseorang akan memiliki kemungkingan untuk berubah seiring adanya masukan dari dalam pribadinya maupun dari luar. Keinginan untuk melakukan perubahan juga sangat membutuhkan komunikasi yang baik ketika berada dalam kondisi yang membutuhkan pikiran yang jernih dan dapat menerima masukan karena semuanya bertujuan tidak lain hanyalah untuk pembentukan pribadi yang berakhlak mulia dan perubahan menuju masyarakat madani dan islami. Wallahu’alam bis shawab..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s