Sungguh memang tiap mahasiswa yang masuk ke univesitas awal-awalnya bakal ngerasa nyaman sama mata kuliah pertamanya. Kenapa? Karena pada awalnya mata kuliahnya hampir sama kayak pelajaran di SMA. Jadi kuliah itu gak susah-susah amat. Gak heran kalo udah naik semester sadar kalo dulu itu tak sesusah sekarang buat dapetin IP gede. Ini ajangnya sharing buat temen-temen yang pengen serius kuliah (dimanapun itu tempat kuliahnya).

Ketika kuliah di Politeknik Negeri Bandung, saya diberi kesempatan untuk masuk di Teknik Kimia dan mulai merasakan gimana rasanya kuliah di jurusan ini. Bayangannya sih seputar teknik kimia dan memang ada teknik kimianya tapi kita disini banyak nemuin yang “berbau-bau” fisika. Mata kuliah seperti itu kalo di POLBAN dapetnya pas di semester tiga. Ya seperti kalian tau lah fisika gitu, jarang orang yang ngomong mudah dan itu mungkin dirasakan oleh kami, Teknik Kimia. Tapi jangan khawatir, pertamanya mah kita nyantei aja karena mata kuliahnya ngulang waktu SMA. Justru kita semangat pas masuk kuliah dan ternyata gak susah-susah amat.

Masa-masa mudah kayak gitu Cuma dirasain waktu tingkat satu tapi pas masuk semester tiga dan empat itu bener-bener kerasa “kuliah di jurusan teknik”.. Bener-bener susah kalo kita nyantei-nyantei aja. Buktinya saya yang mata kuliahnya Sembilan mata kuliah dan 21 SKS keteteran kalolah nyantei. Kenapa berat? Pas kuliah mah gak berat tapi kalo pas ujian sungguh berat kalo kita gak punya persiapan maksimal, soalnya semuanya pada “mikir semua” mata kuliahnya gak cuma praktek aja. Sebenernya saya nyesel gak maksimalin waktu yang udah dulu kebuang sia-sia, ya kerasanya sekarang!..

So, buat temen-temen yang pengen serius kuliah and bawa nama baik Orangtua maka serisulah belajar meskipun suasananya membuat anda nyantei . Seriuslah karena serius itu penting untuk menunjukkan keprofesionalan kita.

About these ads